Epidemiolog Sepakat Penumpang Pesawat Tak Perlu Tes PCR

Rizky Alika
1 November 2021, 21:59
Tes PCR
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nz
Petugas kesehatan melakukan pengambilan sampel untuk pemeriksaan RT-PCR saat simulasi penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (9/10/2021).

Pemerintah menghapus syarat tes Polymerase Chain Reaction (tes PCR) untuk pelaku perjalanan pesawat terbang. Epidemiolog pun menilai tes PCR memang tidak diperlukan untuk pelaku perjalanan udara.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengatakan tes PCR tidak diperuntukkan sebagai strategi pengendalian Covid-19.

Advertisement

"Tes Covid-19 hanya diprioritaskan untuk suspect, probable, dan kontak erat," kata Masdalina saat dihubungi Katadata, Senin (1/11).

Selain itu, tes PCR juga tidak bisa mencegah gelombang penularan virus corona. Sebagai contoh, Covid-19 gelombang pertama dan kedua terjadi saat kewajiban tes PCR diberlakukan untuk penumpang pesawat udara.

Untuk itu, ia menilai tes PCR tidak diperlukan untuk pelaku perjalanan domestik. Tes tersebut hanya diperlukan untuk penumpang internasional guna mencegah adanya varian baru Covid-19.

Kebijakan yang sama juga diberlakukan di berbagai negara. Sementara itu, upaya pemindaian (screening) penumpang yang sehat bisa dilakukan dengan pulse oximeter.

"Pulse oximeter murah, tapi risikonya saturasi perokok berat rendah meskipun tidak Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, ia menilai upaya pencegahan penularan corona dalam pesawat bisa dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Upaya menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan harus dilakukan meskipun tidak ada kewajiban tes PCR.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement