Kementerian PUPR Siapkan Tol Japek Antisipasi Mudik Lebaran 2022

Andi M. Arief
6 April 2022, 20:43
PUPR
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/foc.
Pengendara melintas di jalan layang yang menghubungkan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone di Desa Pattunuang, Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (20/3/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) untuk menanggulangi potensi kemacetan pada saat masa Lebaran 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dua strategi. Pertama, peningkatan kapasitas Tol Japek jalur menuju Jakarta pada Kilometer (KM) 67-50. Kementerian PUPR akan menambah dua lajur pada jalur tersebut dari tiga lajur menjadi lima lajur. 

Kedua, menghubungkan Tol Japek dan Tol Japek Selatan dengan jalan industri sepanjang 15 kilometer (Km). Secara rinci, jalan tersebut akan menghubungkan simpang susun (SS) Karawang Timur di Tol Japek dengan SS Kutanegara di Tol Japek Selatan. 

Sebagai informasi, puncak arus mudik 2022 diperkirakan akan berbarengan dengan masa libur sekolah, yakni pada 29-30 April 2022. Sementara itu, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 8 Mei 2022. 

Selain jalan tol, Kementerian PUPR juga sedang mempercepat perbaikan jalan nasional. Hal tersebut dilakukan untuk menyambut kegiatan mudik Lebaran 2022. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, setidaknya ada tiga ruas yang melalui proses pemeliharaan, yakni Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Palembang-Betung.

Sementara itu, jalan nasional yang ditangani adalah Ruas Batangtoru-Sp.Aek Rambe dan Bts. Kota Medan-Bts. Kabupaten Tanah Karo.

Saat ini, penanganan di jalan arteri telah rampung, sementara pemeliharaan di jalan bebas hambatan masih berlangsung. "Targetnya sampai H-10 (Lebaran) semua alat berat sudah keluar dari tol," kata Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Rabu (6/4).

Kemenhub mendata akan ada 79,4 juta orang yang melakukan mudik pada Musim Mudik 2022. Sebanyak 16,37% atau 13 juta orang berasal dari area Jabodetabek. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...