Libur Panjang Lebaran, Pameran Kendaraan Listrik Diundur Jadi 22 Juli

Andi M. Arief
8 April 2022, 19:22
Lebaran
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
PT Toyota Astra Motor (TAM)  merilis C-HR Hybrid di The Maj,  Senayan Jakarta Pusat (22/9). Toyota pun menargetkan bisa memasarkanmobil listrik sebanyak 5,5 juta unit hingga 2030 mendatang. 

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Electric Vehicle Show diundur menjadi tanggal 22-31 Juli 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo). Penundaan tersebut disebabkan oleh munculnya kebijakan cuti bersama Lebaran 2022.

Seperti diketahui, Periklindo Electric Vehicle Show seharusnya digelar pada 12-22 Mei 2022. Namun, libur panjang menyambut Lebaran 2022 pada 29 April 2022 - 8 Mei 2022 dinilai akan menyedot daya beli masyarakat. 

"Ini saya  sampaikan agar publik memahami dan kami memiliki kesiapan yang lebih prima lagi. Cuti lebaran 10 hari pasti mempengaruhi optimalisasi (daya beli) masyarakat sendiri," kata Ketua Umum Periklindo Moeldoko di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Jumat (8/4). 

Moeldoko mengatakan, tujuan dari pameran kendaraan elektrik tersebut adalah pameran dan transaksi. Pasalnya, akan ada beberapa peluncuran produk baru pada pameran tersebut. 

Adapun, jenis produk yang akan dijajakan adalah sepeda, sepeda motor,mobil, bus, dan truk. Asosiasi menyatakan akan mencoba memamerkan taxi drone pada gelaran tersebut. 

Moeldoko menyatakan, perusahaan bus listrik besutannya, PT Mobil Anak Bangsa (MAB), juga akan ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut. Menurutnya, akan ada tiga produk baru yang diluncurkan di sana, yakni bus elektrik, angkutan kota (angkot), dan truk sampah.

Selain MAB, Moeldoko menyatakan akan ada beberapa produsen mobil elektrik di dalam negeri yang akan berpartisipasi, seperti PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan PT SAIC-GM-Wuling Motor Indonesia.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...