Elektabilitas Tiga Capres 2024 Makin Tinggi, Ini Harta Kekayaannya

Image title
5 Mei 2022, 21:06
Capres
aniesbaswedan,ridwankamil,ganjar_pranowo/instagram
Aktivitas Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil yang terekam di instagram masing-masing.

Sejumlah lembaga survei telah merilis nama-nama tokoh di dalam posisi teratas elektabilitas calon presiden (capres) yang diperkirakan akan melaju pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Sejak Februari 2022, empat lembaga survei ternama, yaitu Lembaga Survei Jakarta (LSJ), Saiful Mujani Research Consulting (SMRC), Charta Politika, dan Indikator Politik Indonesia (IPI) kompak menyebut tiga nama tokoh teratas dalam survei elektabilitas, yaitu: Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam survei LSJ pada Februari lalu, Prabowo memperoleh elektabilitas tertinggi sebesar 27,2%, disusul oleh Ganjar 16,3% dan Anies 15,6%. Dalam survei SMRC pada pertengahan Maret, Ganjar elektabilitas Ganjar menjadi yang paling tinggi sebesar 18,1%, diikuti oleh Prabowo 17,6% dan Anies 14,4%.

Ketiga tokoh tersebut juga muncul dalam peringkat teratas hasil survei Charta Politika pada awal April. Dalam survei tersebut, Ganjar menempati posisi teratas sebesar 25,6%, sementara Prabowo dan Anies memperoleh 22% dan 19,7%. Kemudian survei teranyar oleh IPI, nama Ganjar juga menempati peringkat teratas, disusul oleh Prabowo dan Anies dengan perolehan masing-masing 26,7%, 23,9%, dan 19,4%.

“Tiga besar ini sangat sulit digeser dalm setahun terakhir,” ujar Direktur Eksekutid Charta Politika, Yunarto Wijaya pada Senin (25/4).

Untuk mewujudkan survei elektabilitas itu menjadi kenyataan, tentu dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain suntikan dana dari para pendukung atau simpatisan, tak menutup kemungkinan para calon juga merogoh kocek pribadi demi memenangkan kontestasi demokrasi terbesar di Indonesia.

Dari tiga nama yang kerap muncul tersebut, Prabowo tercatat memiliki harta kekayaan yang paling banyak, yaitu mencapai Rp 2 triliun.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun periode 2021, Purnawirawan Jendral itu memiliki 10 tanah dan bangunan yang bernilai Rp 275 miliar.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...