SEA Games 2021: Indonesia Dapat Tambahan Empat Medali Emas

Lavinda
Oleh Lavinda
17 Mei 2022, 06:43
Sea Games
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU
Suporter Indonesia mengibarkan bendera merah putih ketika Timnas Indonesia melawan Timnas Myanmar dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5/2022).

Indonesia mendapatkan tambahan empat medali emas pada hari kelima SEA Games Vietnam 2021 sejak perhelatan ini dibuka pada 12 Mei lalu di Hanoi.

Dikutip dari Antara, Selasa (17/5), keempat medali emas yang diraih Indonesia ini berasal dari cabang senam artistik, balap sepeda dan menembak.

Advertisement

Pesenam Rifda Irfanaluthfi kembali menyumbangkan medali emas senam artistik dari nomor senam lantai putri dalam hari terakhir lomba di Quan Ngua Gymnasium, Hanoi, Senin (16/5), setelah mengoleksi 12.700 poin. Rifda memiliki poin yang sama dengan pesenam Thailand Sasiwimon Muchangpu yang juga meraih medali emas.

Emas tersebut membuat Rifda telah menyumbangkan total tiga medali untuk tim senam artistik Indonesia setelah meraih medali emas dari nomor semua alat pada Sabtu (14/5) dan medali perunggu kuda lompat sehari setelahnya.

Pelatih senam artistik Eva Novalina T. Butar Butar bersyukur bisa memenuhi target yang ditetapkan kepada tim senam artistik SEA Games 2021.

"Terima kasih untuk semua, kepada Tuhan, pemerintah. Karena kami bisa memenuhi target yang diberikan kepada kami," katanya dikutip Antara, Selasa (17/5).

Medali emas lain dipersembahkan oleh Zainal Fanani, dari tim balap sepeda Indonesia. Zainal finis tercepat dalam lomba nomor MTB-Cross Country Olympic (XCO) putra dengan catatan waktu 1 jam 16,41 menit.

Medali perak juga menjadi milik Indonesia setelah Ihza Muhammad finis urutan kedua dengan waktu 1 jam 19,14 menit, sedangkan medali perunggu menjadi milik atlet Filipina Jericho Rivera yang finis dengan waktu 1 jam 20,04 menit.

Indonesia telah mengumpulkan dua medali emas dan dua medali perak dari balap sepeda. Emas pertama disumbangkan oleh Tiara Andini Prastika pada nomor downhill putri, sedangkan Andy Prayoga menyumbangkan medali perak dari nomor downhill putra.

Dua medali emas lainnya yang direbut Indonesia berasal dari cabang olahraga menembak yang baru membuka lomba pada 16 Mei ini di Hanoi National Sport Training Center.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement