Jokowi dan Presiden Filipina Sepakati Empat Kerja Sama, Apa Saja?

Lavinda
Oleh Lavinda
5 September 2022, 21:10
Jokowi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) memberi salam kepada Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr (kedua kiri) dan Ibu Negara Filipina Louise Araneta Marcos (kiri) sebelum meninggalkan Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. menyaksikan empat kesepakatan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di sejumlah bidang.

Sejumlah bidang yang dimaksud antara lain, kerja sama bilateral di bidang politik, hukum, keamanan, ekonomi, budaya, pariwisata, konsuler, dan perlindungan. Selain itu, kerja sama pertahanan dan promosi ekonomi kreatif.

"Indonesia secara khusus mendorong peningkatan ekspor produk makanan dan minuman, farmasi, serta produk kelapa, dan rumput laut," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Ferdinand Marcos Jr. di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, seperti dikutip Antara, Senin (5/9).

Presiden Jokowi menambahkan, pemerintah Indonesia mengajak Filipina untuk terus mengembangkan potensi perdagangan dan konektivitas di wilayah perbatasan.

 


Empat nota kesepahaman yang disepakati para menteri terkait kedua negara antara lain:

1. Rencana Aksi Kerja Sama Bilateral RI-Filipina pada 2022-2027

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...