Pangeran Charles Sah Jadi Raja Inggris, Gantikan Ratu Elizabeth II

Lavinda
Oleh Lavinda
10 September 2022, 17:14
Ratu Elizabeth
ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholl
Ratu Elizabeth dan Pangeran Charles berada di kendaraan menuju Gedung Parlemen untuk berpidato pada Pembukaan Parlemen Negara di London, Inggris, Kamis (19/12/2019).

Pangeran Charles telah resmi diproklamasikan sebagai raja Inggris pada upacara bersejarah di Istana St James, Sabtu (10/9) pagi waktu setempat. Raja Charles III menggantikan mendiang ibundanya, Ratu Elizabeth II yang meninggal di Istana Balmoral, Skotlandia pada Kamis (8/9) lalu. 

Melalui siaran televisi terlihat, bendera yang sempat diturunkan sebagai duka mendiang Ratu kini dikibarkan setinggi tiang. Gelombang proklamasi lebih lanjut akan berlangsung di seluruh Inggris sampai Minggu (11/9), dengan posisi bendera kembali ke setengah tiang.

Putra mahkota yang bernama asli Charles Philip Arthur George itu berjanji untuk melayani bangsa dengan pengabdian teguh yang sama seperti yang dilakukan mendiang Ratu selama 70 tahun pemerintahannya.

Dia pun telah memilih untuk dipanggil sebagai Raja Charles III. Nama ini menjadi keputusan pertama dari pemerintahan raja baru.

Dikutip dari BBC, pada Jumat (9/9) malam, Raja Charles III mengatakan kepada masyarakat Inggris tentang kesedihan mendalam atas kehilangan ibunya, memuji kehangatan, humor, dan kemampuannya yang tak pernah salah untuk selalu melihat yang terbaik dari orang-orang. 

Charles menjadi raja saat ibunya meninggal, tetapi Dewan Aksesi tetap diadakan setelah kematian penguasa untuk membuat proklamasi resmi penggantinya.

Di hadapan Dewan Aksesi, Raja membuat pernyataan pribadi tentang kematian Ratu dan membuat sumpah untuk melestarikan Gereja Skotlandia, karena di Skotlandia ada pembagian kekuasaan antara gereja dan negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...