Jokowi Keluhkan Layanan Imigrasi, Minta Segera Ubah Gaya Lama

Lavinda
Oleh Lavinda
10 September 2022, 19:31
Jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Direktorat Jenderal Imigrasi untuk meninggalkan gaya-gaya lama dan melakukan perubahan secara menyeluruh terhadap pelayanan imigrasi di Indonesia. Hal itu diungkapkan karena selama ini masih banyak menimbulkan keluhan.

Menurut Jokowi, perubahan dalam layanan imigrasi harus dilakukan jika Indonesia ingin arus investasi menjadi lebih baik dan jumlah wisatawan asing meningkat.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi pengantar dalam Rapat Kabinet Terbatas terkait visa on arrival (VoA) dan Kitas di Istana Merdeka, Jakarta.

"Jadi yang kami lihat dan disampaikan ke saya banyak, baik dari investor, baik mengenai turis, orang yang ingin dapat Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas) izin tinggal, auranya yang saya rasakan itu Imigrasi masih mengatur dan mengontrol," kata Jokowi dikutip dari Antara, Sabtu (10/9).

Dalam memberi visa atau Kitas kepada para investor asing, menurut dia, Imigrasi seharusnya perlu mempertimbangkan soal berasan nilai investasi, jumlah lapangan kerja yang terbuka, hingga kontribusi terhadap ekonomi dan peningkatan ekspor.

"Ini yang diubah total, harus; yang seharusnya auranya adalah memudahkan dan melayani, harus berubah total. Kalau kita ingin investasi datang, turis datang, harus diubah," ujarnya.

Menurut Jokowi, terdapat sejumlah negara yang mempermudah visa dan izin tinggal bagi warga negara asing dengan kemampuan ekonomi maupun keahlian khusus. Menurut dia, visa maupun Kitas bagi para investor maupun tenaga ahli asing diyakini dapat memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia.

"Hal yang begini-begini ini bermanfaat sekali bagi rakyat. Kita harus mulai betul-betul, Pak Menteri, mengubah ini, Pak. Ganti itu kalau kira-kira memang tidak punya kemampuan untuk reformasi seperti itu. Ganti semuanya, dari Dirjen sampai bawahnya, ganti, akan berubah. Kalau ndak, tidak akan berubah," tutur Kepala Negara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...