Anies Bakal Lengser, Ini Profil Tiga Calon Pj Gubernur DKI Jakarta

Rizky Alika
13 September 2022, 20:03
Anies
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (tengah) memimpin Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) terkait tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Pemerintah akan memilih calon Pejabat (Pj) Gubernur DKI.

Presiden Joko Widodo akan menerima enam nama calon Pj Gubernur DKI. Dari jumlah itu, tiga nama akan diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta dan tiga nama dari Kementerian Dalam Negeri.

DPRD DKI telah mengumumkan tiga nama calon orang nomor satu di ibu kota. Berikut rinciannya:

Heru Budi Hartono

Heru saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Namanya sudah lama muncul dalam bursa Plt Gubernur DKI Jakarta.

Heru menempuh pendidikan sarjana di Universitas Krisna Dwipayana pada 1984-1990. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan master di kampus yang sama pada 1995-1998.

Heru bukan orang baru di Pemprov DKI Jakarta. Ia mengawali karier di ibu kota sebagai Staf Khusus Wali Kota Jakarta Utara pada 1993. Selang dua tahun kemudian, ia menjadi Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara.

Berikutnya, ia mendapat promosi menjadi Kepala Sub Bagian Pengendalian Pelaporan Kota Jakarta Utara pada 1999. Lalu pada 2002, ia pindah jabatan menjadi Kepala Sub Bagian Sarana dan Prasarana Kota Jakarta Utara.

Selain itu, pria kelahiran Medan itu sempat menduduki jabatan Kepala Bagian Umum Kota Jakarta Utara pada 2007. Ia pun diangkat sebagai Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara pada 2008.

Pada 2013, ia menduduki kursi Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI, Heru ditunjuk menjadi Wali Kota Jakarta Utara pada 2014. Heru hanya menjabat posisi itu selama setahun hingga menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah DKI Jakarta.

Kemudian pada 2017, Heru melenggang ke Istana untuk menempati kursi Kepala Sekretariat Presiden hingga saat ini.

Heru sempat diajak Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk maju sebagai wakil gubernur pada Pilkada 2017 melalui jalur independen. Namun, Ahok menggandeng Djarot Syaiful Hidayat lantaran mengikuti jalur partai politik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...