Mendag Zulhas Usulkan Produsen Sepatu Nike Bangun Pabrik di Lampung

Nadya Zahira
13 September 2022, 20:53
Pabrik
Andi M. Arief/Katadata
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, melepas ekspor sepatu ke Belanda, yang merupakan produksi PT Pratama Abadi Industri di Tangerang Selatan, Selasa (13/9).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta produsen sepatu merek Nike yang bekerja sama dengan PT Pratama Abadi Industri, untuk membangun satu pabrik di wilayah Sumatra, khususnya Lampung. 

Zulkifli merekomendasikan agar wilayah Lampung yang juga merupakan tempat lahir dan kampung halamannya, bisa menjadi opsi untuk pendirian pabrik yang selama ini hanya didirikan pada wilayah Jawa saja.

Advertisement

"Tadi saya tanya, kok di Jawa semua pabriknya? Di wilayah Sumatra belum ada. Padahal Lampung sampai Medan penduduknya kecil, kalah dengan Jawa Barat," ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam pelepasan ekspor sepatu produksi PT Pratama Abadi Industri Selasa (13/9/) di Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Zulkifli Hasan bahkan bersedia untuk mencari mitra kerja sama jika dibutuhkan agar memudahkan pembangunan pabrik cabang PT Pratama Abadi di wilayah Sumatra, khususnya Lampung.

Menurut Zulkifli, wilayah Sumatra cocok dipilih sebagai lokasi pendirian pabrik sepatu lantaran nilai upah minimum regionalnya (UMR) masih rendah.

"Saya kira perlu dipikirkan juga agar Sumatra ada juga satu pabrik dan di Sumatra juga UMR-nya lebih murah dari Jawa, di bawah Rp 2 juta. Nah yang paling dekat Lampung. Jadi kalau bisa buka di Lampung, karena itu kampung saya, jadi saya akan sangat dukung," ujar Zulhas.

Mendag berharap PT Pratama Abadi Industri mau membangun pabriknya di Sumatra agar bisa membuka peluang tenaga kerja lebih banyak lagi sehingga mengurangi jumlah pengangguran.

“Saya doakan maju terus dan kita dukung PT Pratama Abadi Industri maju berkembang dan kita doakan nanti bisa buka satu (pabrik) di wilayah Sumatera yaitu, Lampung," ujar Zulhas.

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement