Gangguan Mesin, Pesawat Lion Air Rute Jakarta-Palembang Putar Balik

Lavinda
Oleh Lavinda
26 Oktober 2022, 23:27
Lion Air
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Lion Air Group

Pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta - Palembang mengalami peristiwa return to base atau balik kembali mendarat ke Bandara Soekarno - Hatta pada Rabu (26/10) sore. Hal itu terjadi karena ada kendala pada kinerja salah satu komponen mesin pesawat.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pesawat Lion Air penerbangan JT-330 melakukan lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa enam kru dan 169 penumpang. Hal ini dilakukan setelah proses penanganan operasional dan kargo selesai.

Advertisement

"Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal atau pre flight check," kata Danang dalam keterangan resminya seperti dikutip Antara, Rabu (26/10).

Setelah itu, proses mengudara berjalan normal seperti biasa. Namun, pada ketinggian 3.000 kaki, pilot merasakan ada kendala pada kinerja salah satu komponen mesin pesawat yang tak sesuai dengan biasanya, sehingga perlu segera dilakukan pemeriksaan.

Maka itu, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang. Proses pendaratan berjalan normal dan penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu.

Selanjutnya, tim teknisi melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pesawat. Sedangkan penumpang dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain, menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement