Tol Pondok Aren-Serpong Sering Banjir, Pemilik Ungkap Alami Kerugian

Nadya Zahira
27 Oktober 2022, 21:50
Tol
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Petugas mengatur lalu lintas saat banjir di ruas Tol Pondok Aren-Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/10/2022).

PT Margautama Nusantara (MUN), anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) mengaku turut mengalami kerugian dengan peristiwa banjir yang sering terjadi di Jalan Tol rute Pondok Aren-Serpong atau biasa disebut Tol BSD.

MUN merupakan pemilik Jalan Tol BSD, melalui entitas Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Bintaro Serpong Damai yang mengoperasikan Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Direktur Utama MUN, Danni Hasan mengatakan, banjir yang sering terjadi di jalan tol tersebut bukan sepenuhnya kesalahan pengelola. Dia berdalih, justru pihaknya merupakan korban dari banjir yang terjadi tersebut.

"Banjir di tol BSD ini sebenarnya kami korban. Setiap ada banjir, mestinya dalam business plan (perencanaan bisnis), seharusnya dapat pendapatan, malah sama sekali tidak mendapatkan pendapatan," ujar Danni dalam Konferensi Pers di Jakarta, Kamis (27/10).

Danni mengatakan, alih-alih memperoleh pendapatan, pihaknya malah harus mengeluarkan biaya untuk mengoperasikan pompa air guna mengeluarkan air dari tengah jalan tol.

Menurut Danni, banjir yang terjadi di jalan tol tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor. Pertama, tingkat curah hujan yang tinggi. Kedua, ada masalah pendangkalan sungai di sekitar jalan tol.

"Di sekitar BSD itu terjadi pendangkalan, bukan jalan tolnya ya. Nah akibatnya terjadi banjir di sebelah wilayah komunitas dan itu mempengaruhi jalan tol," ujar Danni.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...