Hari Kedelapan Ibadah Haji, Tujuh Jemaah Meninggal di Madinah

Lavinda
Oleh Lavinda
1 Juni 2023, 09:14
Haji
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/tom.
Jamaah calon haji mengikuti upacara pelepasan di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur, Selasa (30/5/2023).

Hingga hari kedelapan kedatangan jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi, sebanyak tujuh orang jemaah meninggal dunia. Jumlah jemaan haji yang meninggal lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya pada 2022, hanya dua orang jemaah yang meninggal dunia pada hari kedelapan ibadah Haji. Sementara itu, pada 2019 dan 2018 masing-masing hanya lima orang. Pada 2020 dan 2021, ibadah haji ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi dan informasi Haji Terpadu atau Siskohat Kementerian Agama, Rabu (31/5), tujuh jemaah yang meninggal tersebut berasal dari embarkasi Surabaya, Solo, dan Jakarta Bekasi.

Sementara itu, sebanyak 140 jemaah lainnya dirawat. Jumlah itu terdiri dari, 113 jemaah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 27 dirawat di Rumah Sakit Madinah. Jemaah yang dirawat menderita sakit jantung, paru-paru, diabetes, dan demensia.

Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah Al Farizi mengatakan, untuk rawat jalan, total sudah 44 orang

"Sejak hari pertama jemaah haji Indonesia tiba di Madinah, Rabu (24/5) hingga hari ini (30/5), layanan rawat jalan sudah melayani 44 jemaah," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...