Saingi iPad Mini, Xiaomi Luncurkan Xiaomi Pad 5 di RI

Xiaomi menyasar pasar pekerja yang sedang bekerja di rumah atau work from home (WFH) pada tablet barunya.
Image title
17 September 2021, 20:46
Xiaomi, IPhone
Xiaomi
Logo Xiaomi

Setelah tiga tahun tidak menjual tablet, Xiaomi akan meluncurkan tablet baru di Indonesia yakni Xiaomi Pad 5. Tablet tersebut muncul hampir bersamaan dengan waktu peluncuran iPad Mini 6 dari Apple.

Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan, Xiaomi akan meluncurkan tablet barunya itu di Indonesia berbarengan dengan peluncuran ponsel pintar atau smartphone baru Redmi 10, malam ini (17/9). Secara global Xiaomi telah meluncurkan Xiaomi Pad 5 pada Agustus lalu.

Xiaomi telah tiga tahun tidak menjual tablet di Indonesia. Xiaomi terakhir kali meluncurkan tablet di Indonesia pada 2018 yakni, tablet Mi Pad 4 dan Mi Pad 4 Plus. 

"Selama ini kami fokus untuk memasarkan smartphone (ponsel pintar). Kini, Xiaomi hadirkan lagi tablet baru Xiaomi Pad 5 di Indonesia," kata Alvin dalam konferensi pers virtual pada Jumat (17/9).

Xiaomi menyasar pasar pekerja yang sedang bekerja di rumah atau work from home (WFH) pada tablet baru ini. "Bisa juga untuk anak sekolah," kata Alvin.

Xiaomi meningkatkan sejumlah kemampuan perangkat juga fitur pada Xiaomi Pad 5 dibandingkan tablet versi sebelumnya. Xiaomi Pad 5 misalnya, kini memiliki pena stilus (smart pen). Kemudian, pada layar, terdapat kemampuan refresh rate hingga 120 Hz.

Xiaomi juga memasang panel LCD pada tablet barunya itu. Sedangkan, layarnya kini sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland.

Untuk cip (chipset), Xiaomi mengandalkan kemampuan cip dari Qualcomm, yakni Snapdragon 860. Cip tersebut disokong oleh RAM 6 GB dan memori internal 128 GB serta 256 GB.

Xiaomi memasang dua komposisi kamera. Pada kamera belakang, Xiaomi memasang resolusi sebesar 13 Megapiksel (MP), sementara kamera depan 8 MP.

Pada bagian baterai, Xiaomi memasang kapasitas baterai pada Pad 5 sebesar 8.720 mAH. Baterainya didukung kemampuan daya pengisian cepat (fast charging) 33 Watt. 

Di pasar global, Xiaomi membanderol Pad 5 seharga 349 euro atau Rp 5,8 juta untuk varian 128 GB. Lalu, untuk varian 256 GB, Xiaomi membanderolnya seharga 399 euro atau Rp 6,6 juta.

Peluncuran Xiaomi Pad 5 di Indonesia seiring dengan munculnya pesaing mereka Apple yang juga meluncurkan tablet barunya, iPad Mini 6 secara global. "iPad Mini baru siap untuk dipesan dan akan tersedia di toko pada 24 September," demikian dikutip dari The Verge, Selasa (14/9).

Apple juga meningkatkan kemampuan dan menambah sejumlah fitur pada iPad Mini 6. Salah satunya, mendukung jaringan Wi-Fi 6 dan akses 5G opsional. Kecepatan unduh jaringan juga bisa sampai 3,5 Gbps. 

Apple juga menyematkan tipe layar Liquid Retina IPS LCD dengan tingkat kecerahan 500 nits. Tablet mini itu juga dilengkapi dengan port USB-C yang mempunyai kemampuan transfer data hingga 5 Gbps. Kemudian ada speaker stereo dengan sepasang pengeras suara. Lalu, ada fitur Touch ID di tombol atas.

Namun, jika dibandingkan dengan Xiaomi Pad 5, harga tablet Apple ini lebih mahal. Apple membanderol iPad Mini 6 di AS US$ 499 atau Rp 7,1 juta untuk varian Wi-Fi Only. Sedangkan model Wi-Fi + Cellular, dijual US$ 649 atau Rp 9,3 juta.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait