Penjualan Perusahaan Retail Mulai Membaik selama Ramadan

Beberapa perusahaan retail mendapat berkah kenaikan penjualan selama Ramadan 2021, antara lain, pengelola Alfamart, Alfamidi, dan Hypermart.
Image title
10 Mei 2021, 17:31
Sejumlah emiten retail mendapat berkah kenaikan penjualan selama Ramadan 2021, antara lain, pengelola Alfamart, Alfamidi, dan Hypermart.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Ilustrasi gerai retail

Sejak awal Ramadan hingga menjelang Lebaran tahun ini, beberapa perusahaan retail mendapat berkah kenaikan penjualan karena daya beli masyarakat atas kebutuhan sehari-hari meningkat. Beberapa di antaranya yakni PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), dan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

Presiden Direktur AMRT, pengelola waralaba Alfamart Anggara Hans Prawira mengatakan, ada peningkatan penjualan 14%-15% pada periode Ramadan tahun ini dibandingkan periode Ramadan tahun lalu ketika pandemi Covid-19 baru dimulai.

"Dibandingkan dengan tahun lalu selama periode Lebaran, sales relatif mengalami kenaikan," kata Anggara beberapa waktu yang lalu.

Kendati demikian, menurut dia, angka penjualan ini belum kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19. "Namun jika dibandingkan dengan tahun lalu, memang growth (pertumbuhan) terlihat tinggi karena acuan dasarnya rendah," kata Anggara.

Advertisement

Selanjutnya, penjualan MIDI, pengelola gerai waralaba Alfamidi dan Lawson, juga meningkat signifikan 15%-20% pada Ramadan 2021, dibanding periode sebelum Ramadan.

Direktur Keuangan sekaligus Sekretaris Perusahaan Midi Utama Suantopo Po mengatakan, kondisi tersebut mencerminkan penjualan sudah mulai kembali seperti sebelum ada pandemi Covid-19.

Menurut Utama, kondisi penjualan anak usaha Alfaria itu cukup menantang pada Ramadan 2020 karena bersamaan dengan masa-masa awal pandemi. Pada April 2020, pemerintah memang menerbitkan banyak aturan untuk menjaga jarak dan beraktivitas di luar rumah.

"Tapi, syukur, data sementara yang kami terima, bahwa Ramadan 2021 sudah kembali normal," katanya.

Emiten ritel milik Lippo Group, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) yang mengelola Hypermart juga mengatakan penjualan selama Ramadan tahun ini sudah membaik dan terlihat adanya peningkatan dibandingkan tahun lalu. Sayangnya, manajemen belum bisa membagikan angka karena masih menunggu masa Ramadan berakhir.

"Penjualan pada momentum puasa dan Ramadan dibandingkan tahun lalu sudah membaik dan terlihat adanya peningkatan. Tentunya adalah tanda yang baik untuk kami dapat terus melanjutkan pertumbuhan penjualan," kata Sekretaris Perusahaan Matahari Putra Prima Danny Kojongian.

Ia mengatakan, Hypermart tidak terdampak oleh oleh adanya larangan mudik yang diterapkan pemerintah menjelang Idulfitri 1442 H. Pasalnya, perusahaan memiliki gerai-gerai Hypermart yang tersebar secara nasional yang dapat mencangkup seluruh wilayah.

Fungsi strategi komunikasi digencarkan oleh perusahaan melalui media cetak maupun media sosial agar konsumen tetap memperoleh informasi yang terkini. Jadi, di manapun konsumen berada dapat berbelanja di gerai-gerai Hypermart.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait