Penjualan Perusahaan Retail Mulai Membaik selama Ramadan

Image title
10 Mei 2021, 17:31
Sejumlah emiten retail mendapat berkah kenaikan penjualan selama Ramadan 2021, antara lain, pengelola Alfamart, Alfamidi, dan Hypermart.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Ilustrasi gerai retail

Sejak awal Ramadan hingga menjelang Lebaran tahun ini, beberapa perusahaan retail mendapat berkah kenaikan penjualan karena daya beli masyarakat atas kebutuhan sehari-hari meningkat. Beberapa di antaranya yakni PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), dan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

Presiden Direktur AMRT, pengelola waralaba Alfamart Anggara Hans Prawira mengatakan, ada peningkatan penjualan 14%-15% pada periode Ramadan tahun ini dibandingkan periode Ramadan tahun lalu ketika pandemi Covid-19 baru dimulai.

"Dibandingkan dengan tahun lalu selama periode Lebaran, sales relatif mengalami kenaikan," kata Anggara beberapa waktu yang lalu.

Kendati demikian, menurut dia, angka penjualan ini belum kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19. "Namun jika dibandingkan dengan tahun lalu, memang growth (pertumbuhan) terlihat tinggi karena acuan dasarnya rendah," kata Anggara.

Selanjutnya, penjualan MIDI, pengelola gerai waralaba Alfamidi dan Lawson, juga meningkat signifikan 15%-20% pada Ramadan 2021, dibanding periode sebelum Ramadan.

Direktur Keuangan sekaligus Sekretaris Perusahaan Midi Utama Suantopo Po mengatakan, kondisi tersebut mencerminkan penjualan sudah mulai kembali seperti sebelum ada pandemi Covid-19.

Menurut Utama, kondisi penjualan anak usaha Alfaria itu cukup menantang pada Ramadan 2020 karena bersamaan dengan masa-masa awal pandemi. Pada April 2020, pemerintah memang menerbitkan banyak aturan untuk menjaga jarak dan beraktivitas di luar rumah.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...