Sinar Mas Multiartha Turut Investasi di DANA Rp 367 Miliar

Jumlah penyertaan modal Sinar Mas Multiartha pada induk pengelola DANA tidak melebihi 20% dari ekuitas perusahaan, sehingga investasi ini tidak bersifat material.
Image title
Oleh Lavinda
12 Agustus 2022, 17:42
DANA
DANA, Emtek, Sinar Mas, Alibaba, Katadata/Desy Setyowati
DANA, Emtek, Sinar Mas, dan Alibaba

Entitas Grup Sinar Mas kembali mengakuisisi saham platform dompet digital DANA. Kali ini, PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) melakukan penyertaan modal pada PT Elang Andalan Nusantara (EAN), pemegang saham perusahaan pengelola DANA.

Berdasarkan pengumuman perusahaan, Sinar Mas Multiartha membeli saham EAN dengan nilai investasi mencapai US$ 25 juta atau Rp 367 miliar (asumsi kurs 14.699/US$).

Direktur Sinar Mas Multiartha, Dani Lihardja mengatakan, jumlah penyertaan modal tidak melebihi 20% dari ekuitas perusahaan, sehingga investasi ini tidak bersifat material.

"Transaksi dilakukan pada 10 Agustus 2022," ujar Dani dalam pengumuman tertulis, Jumat (12/8).

Advertisement

Sebelumnya, entitas Grup Sinar Mas dan Lazada resmi menyuntik modal pada DANA. Grup Sinar Mas masuk melalui PT Dian Swastatika Sentosa. VP of Corporate Communications Putri Dianita menyampaikan, Sinar Mas memberikan investasi US$ 250 juta atau sekitar Rp 37 triliun.

Sedangkan Lazada masuk lewat Emtek dengan nilai investasi penjualan saham US$ 304,5 juta atau sekitar Rp 4,51 triliun. Penjualan saham dilakukan oleh Grup Emtek melalui anak usahanya, PT Kreatif Media Karya (KMK) atas saham PT Elang Andalan Nusantara (EAN). 

“Sinar Mas dan Lazada Group berinvestasi di DANA dalam penerbitan saham utama. Secara terpisah, Lazada juga membeli saham DANA dari Emtek sesuai keterbukaan informasi,” kata Putri kepada Katadata.co.id, Kamis (11/8). 

Masuknya kedua perusahaan memperbesar ekosistem DANA. Kehadiran Sinar Mas dan Lazada menambah jajaran investor di balik DANA, selain Elang Mahkota Teknologi (Emtek) dan Ant Group milik Alibaba.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait