MUFG dan Adira Finance Akuisisi Home Credit Indonesia Rp 3,1 Triliun

Krungsri akan menjadi pemegang saham mayoritas dengan 75% saham Home Credit Indonesia, sedangkan Adira Finance memegang 10% saham.
 Zahwa Madjid
24 November 2022, 10:25
Adira
Home Credit
Home Credit Indonesia

Anak usaha MUFG Bank, Bank Of Ayudhya Public Company Limited (Krungsri) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance akan mengakuisisi perusahaan pembiayaan konsumen PT Home Credit Indonesia.

Melansir keterangan tertulis, saham Home Credit Indonesia dijadwalkan akan diakuisisi pada 2023 dengan perkiraan total EUR 200 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun (Asumsi kurs Rp 15,465). Harga pembelian akhir akan disesuaikan satu per satu berdasarkan nilai buka ekuitas pada saat penutupan transaksi.

Bagi MUFG dan MUFG bank, transaksi tersebut merupakan bagian dari akuisisi perusahaan atas seluruh saham Home Credit Consumer Finance Philippines, Inc (HC Philippines) dan 85% saham Home Credit Indonesia.

Sementara itu, Adira Finance hanya akan menggenggam 10% saham Home Credit Indonesia dari induk usahanya, Home Credit Indonesia B.V. Nilai transaksi dari aksi akuisisi ini diperkirakan mencapai EUR 23,5 juta atau sekitar Rp 363 miliar.

Advertisement

"Nantinya, Krungsri akan menjadi pemegang saham mayoritas di Home Credit Indonesia dengan jumlah saham 75%.  Sedangkan Adira Finance, anak perusahaan Bank Danamon dan anggota MUFG, akan memegang sekitar 10% saham," ujar President and Chief Executive Officer Krungsri, Seiichiro Akita

Menurut Seiichiro, pihaknya yakin keahlian dan pengalaman luas yang dimiliki Krungsri dalam bisnis pembiayaan konsumen akan meningkatkan daya saing bisnis dan menguntungkan semua pemangku kepentingan.

“Sinergi kami akan menguntungkan semua pemangku kepentingan, termasuk pelanggan lokal di Indonesia dan Filipina,” ujar Seiichiro Akita, Kamis (24/11).

Direktur Utama Adira Finance,  Dewa Made Susila mengatakan, pihaknya yakin transaksi tersebut dapat memperkuat franchise grup MUFG di Indonesia.

“Adira Finance akan terus meningkatkan kolaborasi dengan entitas grup MUFG untuk dapat melayani konsumen dan mitra bisnis kami lebih baik lagi,” ujar Dewa dalam keterangan tertulis, Kamis (24/11).

 

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lavinda
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait