3 Contoh Proposal Sponsorship yang Benar untuk Menggaet Sponsor
Bagi penyelenggara sebuah acara atau event, keberadaan sponsor menjadi bagian yang cukup penting. Melalui kerja sama dengan pihak sponsor, panitia penyelenggara acara akan mendapatkan dana tambahan untuk menyukseskan acara.
Namun, tentu mendapatkan 'hati' para sponsor, panitia perlu mengajukan proposal sponsorhip terlebih dahulu.
Contoh Proposal Sponsorship
Penyelenggara sebuah acara perlu membuat proposal sponsorship yang benar dan menarik, agar pihak sponsor tertarik menjalin kerja sama. Berikut ini contoh proposal sponsorship yang dapat menjadi panduan dalam menuliskan proposal kegiatan.
1. Contoh Proposal Sponsorship Acara Bazar
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan yang maha ESA karena atas kehendaknya kami bisa membuat proposal acara pameran “ End Sale ” Fashion Bazaar & Garage Sale.
Pada kesempatan ini tujuan kami membuat “ End Sale ” Fashion Bazaar & Garage Sale adalah untuk mengembangkan bisnis di Indonesia, yang memberikan manfaat bagi banyak pihak seperti produsen dan konsumen.
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan partisipasi dari beberapa pihak yang telah membantu, yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu dalam proposal ini. Semoga proposal ini bisa menjadi suatu kegiatan yang akan menunjang kesuksesan bagi banyak pihak.
LATAR BELAKANG
Bazaar merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk menarik masyarakat atau pengunjung untuk membeli. Barang-barang yang dijual adapun dalam kegiatan bazar ini adalah dimana ajang untuk menjual produk-produk yang di anggap layak untuk dijual.
Di mana dalam acara Fashion Bazaar & Garage Sale“ menjual berbagai barang dengan model dan style modern, dimana acara ini akan memberikan manfaat bagi semua kalangan baik penjual dan pembeli.
TUJUAN
Acara pameran ini bertujuan untuk mengumpulkan penjual, distributor, masyarakat dalam rangka mempermudah pendistribusian barang produksi dalam negeri dari pedagang besar atau wholeseller kepada konsumen. Serta untuk mendukung program pemerintah untuk mengembangkan UMKM dan dunia Kreatif dan menarik para investor dari dalam maupun luar negeri.
Dengan dibukanya acara pameran ini dapat menjadi guiden bahwa produk fesyen disukai dan dicari oleh masyarakat disemua kalangan, baik anak-anak, dewasa dan orang tua. Menangkap peluang dari pengunjung pameran computer yang didominasi oleh kalangan pelajar.
TEMA KEGIATAN
“End Sale” Fashion Bazaar & Garage Sale “ini dipilih karena diadakan di akhir tahun. Harapannya acara ini dapat selalu terlaksana di tahun – tahun yang akan datang, dalam acara ini tidak hanya fashion, asesoris, apparel, hand made, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai barang garage sale.
PENGUNJUNG
Mayarakat Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya dengan target pengunjung 2000 orang per hari.
PELAKSANAAN KEGIATAN
Tempat : Arjuna Room Jogja Expo Center
JL RAYA JANTI YOGYAKARTA
Tanggal : Jumat- Minggu, 13 – 15 Desember 2023
Waktu : 10.00 – 21.00 WIB
PELAKSANAAN KEGIATAN
Tempat : Arjuna Room Jogja Expo Center
JL RAYA JANTI YOGYAKARTA
Tanggal : Jumat- Minggu, 13 – 15 Desember 2023
Waktu : 10.00 – 21.00 WIB
PROGRAM PROMOSI DAN PUBLIKASI
- Media Elektronik baik radio maupun televisi
- Media cetak Lokal dan nasional
- Poster, Spanduk, Umbul-umbul serta flayer yang akan dibagikan ke pengunjung Mall dan di sebarkan melalui Distributor Loper Koran
- Melalui Email, SMS dan Website
SUSUNAN PANITIA
Terlampir
SUSUNAN ACARA
Terlampir
PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun, besar harapan kami agar seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat terealisasi sesuai dengan rencana.
Semoga proposal ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kegiatan “End Sale” Fashion Bazaar & Garage Sale yang akan kami laksanakan. Atas perhatian dan kerja sama dari berbagai pihak, kami ucapkan terima kasih.
2. Contoh Proposal Sponsorship Acara Pameran
JUDUL KEGIATAN
Kegiatan ini merupakan bentuk tanggapan/respon dari seniman tentang seni patung yang diwujudkan dalam bentuk pameran dengan judul “RicariCariPatung”
LATAR BELAKANG
Ditengah wacana kontemporer yang gencar dibicarakan oleh sebagian besar masyarakat khusunya masyarakat seni, karya yang konseptual merupakan sesuatu hal yang memiliki peranan yang penting.
Hal tersebut terbukti dengan banyaknya karya-karya konseptual yang bermunculan dalam berbagai persepsi tentang wacana hingga konsepsi tentang karya itu sendiri.
Diantara berbagai macam cabang seni rupa, patung adalah salah satu media untuk mengekspresikan diri.
Berawal dari suatu pembahasan mengenai bagaimana perkembangan seni rupa sekarang ini, akhirnya mengakibatkan muncullah suatu ide untuk menyelenggarakan pameran yang berjudul “RicariCari Patung”.
RicariCari Patung ini adalah suatu moment yang akan melibatkan berbagai komunitas maupun institusi yang memiliki program jurusan seni.
Khususnya seni rupa, serta tak menutup kemungkinan masyarakat non-senirupa pun akan ikut terlibat di dalamnya.
MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN
- Mengajak publik untuk membaca dan merepresentasikan konsepsi tentang karya seni patung
- Mampu sebagai media apresiasi yang memuat berbagai informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara umum.
- Untuk meningkatkan motivasi dan semangat berkarya para Senirupawan maupun masyarakat nonsenirupawan pada umumnya.
- Untuk menjalin silaturahmi dan membuka jaringan antar institusi, antar komunitas seni rupa maupun masyarakat secara umum.
- Untuk mencari pengalaman-pengalaman baru dalam dunia kesenirupaan maupun dunia luar serta sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat luas pada umumnya.
MANFAAT KEGIATAN
- Sebagai media evaluasi dan introspeksi diri bagi para peserta mengenai sejauh mana perkembangan proses pembelajarannya dalam berkesenian untuk melandasi langkah selanjutnya.
- Membuka kesadaran kritis masyarakat pada umumnya yang responsive terhadap dunia Kesenirupaan yang terus berkembang.
- Meningkatkan kerjasama antar institusi seni dengan masyarakat umum
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari : Rabu s/d Sabtu
Tanggal : 27 s/d 30 Desember 2022
Tempat : Student Center UNS (indoor) Wilayah FKIP UNS Kampus Kentingan (outdoor)
JENIS KEGIATAN
Terlampir
PESERTA
Terlampir
SASARAN
Terlampir
SUSUNAN PANITIA
Terlampir
ESTIMASI DANA
Terlampir
JADWAL KEGIATAN
Terlampir
PENUTUP
Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam suatu kegiatan diperlukan suatu dukungan, kerja sama dari segala komponen yang terlibat dan ikut terkait didalamnya.
Dengan terselenggaranya Pameran “RicariCari Patung” ini diharapkan mampu menjadi langkah berikutnya untuk meningkatkan dan memacu kreatifitas kami pada khususnya serta masyarakat pada umumnya.
Semoga kegiatan pameran ini mendapat ridho Allah SWT. Atas kerjasama, perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.
3. Contoh Proposal Sponsorship Acara Festival Musik
COVER
Bagian pertama yang perlu diperhatikan ialah cover, halaman cover bisa Anda buat semenarik mungkin agar pihak sponsor atau donator tertarik. Dengan cover yang menarik, event musik yang diselenggarakan bisa terlihat lebih kompeten.
ISI PROPOSAL
Isi contoh proposal event musik ini mencakup latar belakang, hingga sponsorship. Adapun yang lainnya seperti judul dan tema, tujuan kegiatan, segmentasi khalayak, bentuk kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, susunan acara, perencanaan anggaran pengeluaran, pemasukan, promosi dan publikasi.
Berikut ini adalah contoh isi proposal untuk festival musik, yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan proposal sponsorship untuk penyelenggaraan festival musik musik :
LATAR BELAKANG
Musik jazz tidak terlepas dari keselarasan, harmonisasi dan perasaan. Musik termasuk bahasa global sebagai wujud untuk menyampaikan perasaan, situasi dan keadaan yang digam
barkan secara imajinatif dengan satu keselarasan dan perekat kesatuan. Dalam meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknik bermusik diperlukan suatu wadah. Melalui suatu wadah atau event, diharapkan bisa menampung dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh generasi muda agar lebih positif dan bermanfaat.
Terlebih perkembangan dunia musik kini semakin meningkat seiring berkembangnya komunitas musik. Berangkat dari hal ini, kami selaku Stars EO ingin turut meramaikan perkembangan dunia musik indie dalam bentuk event yang akan diadakan setiap periode. Adapun tahun ini kami akan mengadakan event “Jazzjazzan”.
JUDUL DAN TEMA
Sekilas tema “Jazzjazzan” menjadi identitas acara kami yakni festival musik jazz.
TUJUAN KEGIATAN
Beberapa tujuan event musik ini di antaranya:
• Meningkatkan rasa persaudaraan di antara sesama penggemar musik jazz
• Sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar menyadari pentingnya kegiatan ini untuk memicu kreativitas positif
• Menumbuhkan rasa semangat untuk berkarya dengan nada dan musik positif • Memberikan warna baru dalam balantika musik jazz dengan hadirnya event musik “jazzjazzan” di Kota Yogyakarta
• Memberikan hiburan dengan konsep menarik dan bisa dinikmati oleh semua kalangan pencinta musik
• Menciptakan opini masyarakat tentang perlunya kegiatan ini sebagai pemacu kreativitas bagi generasi muda
• Mewujudkan kegiatan yang bisa membangun mental generasi muda ke arah lebih baik
• Sebagai terobosan baru untuk pengembangan bakat mencapai jenjang popularitas
• Sebagai terobosan finansial untuk mencapai sasaran positif
SEGMENTASI KHALAYAK
Sesuai dengan nama acaranya, “jazzjazzan” kami fokuskan event musik ini untuk segmentasi khalayak umum, baik perempuan, laki-laki, kanan-kanan hingga orang dewasa.
BENTUK KEGIATAN
Penampilan musisi jazz, baik lokal hingga mancanegara dengan rentang usia antara 15-25 tahun dan target massa mencapai 1000 orang F.
WAKTU DAN TEMPAT
Hari: 24, Desember 2022
Waktu: 17.00 – 23.00 WIB
Tempat: Tebing Beksi, Kabupaten Sleman, DIY
RUANG PROMOSI
Sponsor Dalam contoh proposal event musik untuk sponsor tentunya harus ada ruang promosi sponsor. Anda bisa mengisi halaman promosi sponsor seperti ini:
Pihak sponsor diharapkan bisa memeriahkan event musik “jazzjazzan” dan menjadikannya semakin sukses. Berikut manfaat untuk pihak sponsor:
1. Menunjukan bahwa perusahaan sponsor peduli terhadap generasi muda
2. Memperkuat dan mengedepankan image bahwa produk dan perusahaan yang menjadi sponsor memiliki representatif di setiap kegiatan
3. Mempertahankan dan meningkatkan citra pihak sponsor sebagai perusahaan yang sukses dan profesional
4. Meraih pemasaran yang luas karena promosi secara terprogram mulai meningkat dari dalam kota hingga luar kota melalui media cetak dan elektronik
5. Mendapatkan atensi ramai dari pengunjung acara “jazzjazzan”
SPONSORSHIP
Penawaran sponsorship bisa dibedakan menjadi tiga kategori, di antaranya sponsor utama, platinum sponsorship dan gold sponshorship. Masing-masing kategori memiliki harga berbeda karena ukuran media sponsor yang ditawarkan bisa lebih besar. Anda bisa menjelaskannya secara detail pada halaman ini.
PENUTUP
Melalui lampiran proposal yang kami lampirkan di atas, besar harapan bisa terjalin kerja sama yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak. Kami dari pihak panitia “jazzjazzan” mengucapkan terimakasih atas terjalinnya kerja sama. Mohon maaf jika ada salah kata dalam pembuatan proposal ini.
Mengingat contoh proposal sponsorship ini masuk dalam kategori proposal resmi, maka di akhir proposal wajib disertakan tanda tangan pihak terkait, dalam hal ini ketua panitia penyelenggaraan acara, serta ketua dari event organizer yang ditunjuk.
Dengan mengetahui contoh proposal event musik untuk sponsor, Anda bisa menarik sponsor untuk turut menyumbangkan dana agar acara bisa berjalan dengan lancar dan tidak kekurangan biaya. Selain proposal untuk sponsor, Anda juga bisa membuat proposal event musik café, K-Pop, kampus dan lainnya.