Soal dan Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 238 dan 239

Destiara Anggita Putri
22 Februari 2024, 13:44
Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 238
Freepik
Ilustrasi, mata pelajaran matematika.
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Matematika atau MTK merupakan salah satu pelajaran yang tidak banyak disukai siswa dikarenakan materinya memiliki banyak rumus yang sulit. Salah satunya yaitu materi tentang kesebangunan bangun datar yang dipelajari di kelas 9.

Dilansir dari buku Siap Menghadapi Ujian Nasional SMP/MTs 2010, Wahono, dkk., (2009:250), dua bangun datar dapat dikatakan sebangun apabila memenuhi dua syarat, yakni  panjang sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua bangun tersebut memiliki perbandingan senilai. Kedua, sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun tersebut sama besar.

Agar bisa memahami materi ini,  siswa disarankan untuk rajin mengerjakan berbagai latihan soal serta kunci jawabannya. Adapun kunci jawaban ini dapat membantu siswa mengetahui hasil jawaban yang benar dan jawaban yang salah.

Meskipun demikian, siswa sebaiknya mengerjakan soal latihan terlebih dahulu secara mandiri sebelum melihat kunci jawaban yang ada. Berikut ini soal dan kunci jawaban MTK kelas 9 halaman 238 dan 239 yang membahas tentang kesebangun bangun datar.

Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 238 dan 239

Berikut ini soal dan kunci jawaban MTK kelas 9 halaman 238 dan 239 yang bisa dipelajari siswa. 

Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 214
Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 238 (Pexels)

Latihan 4.3 Kesebangunan Bangun Datar

1. Selidikilah apakah dua trapesium di bawah ini sebangun? Jelaskan.

Kunci Jawaban:

Trapesium PQRS sebangun dengan DCBA jika perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian senilai dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

PQ / DC = 4 / 2 = 2
SR / AB = 16 / 8 = 2

RS / BA = ?
SP / AD = ?

RS/AB = SP/BC = PQ/CD = QR/DA
16/8 = SP/BC = 4/2 = QR/DA
2/1 = SP/BC = 2/1 = QR/DA

Karena kita tidak dapat menentukan apakah pasangan besar sudut kedua bangun tersebut sama besar atau tidak. Maka Dua Trapesium tersebut Belum Tentu Sebangun.

2. Carilah pasangan bangun yang sebangun di antara gambar di bawah ini.

Soal nomor 2 Latihan 4.3 pada buku Matematika kelas 9 halaman 238.
Soal nomor 2 Latihan 4.3 pada buku Matematika kelas 9 halaman 238. (Buku Matematika Kelas 9)

Kunci Jawaban:

- A dengan B,
6/42 = 4/28
1/7 = 1/7
Keempat sudut sama besar (90°)

- C dengan G
3/2 = 3/2
Keempat sudut sama besar (90°)

- E dengan F.
3/50 = 3/50 = 3/50 = 3/50
Sudut yang bersesuaian sama besar.

3. Perhatikan dua bangun yang sebangun pada gambar di bawah ini. Hitunglah panjang sisi AE, ED, dan QR.

Kunci Jawaban:

AB / PQ = 32 / 24 = 4/3

AE = PT x 4/3
= 18 x 4/3
= 24

ED = TS x 4/3
= 21 x 4/3
= 28

BC = QR x 4/3
QR = BC x 3/4
= 48 x 3/4
= 36

Sehingga dapat disimpulkan bahwa sisi AE = 24 cm, ED = 28 cm, dan QR = 36 cm.

Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 214
Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Halaman 238 (Pexels)

4. Dua buah bangun di bawah ini sebangun.

Hitunglah:
a. Panjang EF, HG, AD, dan DC.
b. Nilai x, y dan z.

Kunci Jawaban:

a. - Panjang EF

FG/BC = EF/AB
28/35 = EF/20
4/5 = EF/20
EF = 4/5 x (20)
EF = 16 cm

- Panjang HG

HG = √(EF² + (28-16)²)
HG = √(16² + 12²)
HG = √(256 + 144)
HG = √400
HG = 20 cm

- Panjang AD

AD/EH = AB/EF
AD/16 = 20/16
AD/16 = 5/4
AD = 5/4 x (16)
AD = 20 cm

- Panjang DC

DC/HG = AB/EF
DC/20 = 20/16
DC/20 = 5/4
DC = 5/4 x (20)
DC = 25 cm

b. Nilai x, y dan z.

x = m∠G = 180° - 127° = 53°
y = m∠D = m∠H = 127°
z = m∠C = m∠G = 53°

5. Sebuah gambar berbentuk persegi panjang berukuran 16,8 cm × 8,4 cm. Gambar tersebut diperkecil sehingga ukurannya menjadi k cm × 2 cm. Hitunglah panjang k.

Kunci Jawaban:

k/16,8 = 2/8,4
k = 1/4,2 x (16,8)
k = 4 cm

Demikian soal dan kunci jawaban dari mata pelajaran MTK kelas 9 halaman 238 dan 239 yang bisa dipelajari agar lebih paham materi mengenai kesebangunan bangun datar.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...