Serba-serbi Tahun Kabisat 29 Februari yang Terjadi 4 Tahun Sekali

Nadhira Shafa
29 Februari 2024, 10:50
Tahun Kabisat
Katadata
Tahun Kabisat
Button AI Summarize

Hari ini, Kamis 29 Februari 2024, adalah hari yang spesial. Pasalnya, tanggal ini hanya terjadi setiap empat tahun sekali dalam kalender Masehi. Tahun yang memiliki 29 hari di bulan Februari ini disebut sebagai tahun kabisat atau leap year. 

Lalu, apa sebenarnya tahun kabisat itu? Mengapa ia terjadi? Dan apa saja fakta-fakta menarik tentangnya? Simak ulasan berikut ini.

Tahun Kabisat
Tahun Kabisat (Reader's Digest)

Tentang Tahun Kabisat

Tahun kabisat adalah tahun yang jumlah harinya 366 hari, karena pada bulan Februari ada 29 hari. Tahun kabisat terjadi empat tahun sekali. Menurut perhitungannya, tahun 2024 termasuk tahun kabisat.

Tahun kabisat diperkenalkan untuk menyesuaikan kalender dengan gerakan bumi mengelilingi matahari. Meskipun kalender berisi 365 hari, waktu sebenarnya yang dibutuhkan bumi untuk mengorbit bintangnya sedikit lebih lama, yakni sekitar 365,2421 hari atau 365 hari enam jam.

Perbedaan tersebut mungkin tampak tidak berarti, tetapi selama beberapa dekade, waktu yang hilang tersebut dapat bertambah per tahunnya.

Maka dari itu, memastikan konsistensi dengan tahun astronomi yang sebenarnya, perlu secara berkala menambahkan satu hari ekstra untuk mengganti waktu yang hilang dan mengembalikan kalender agar selaras dengan langit.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement