10 Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran Agar Lebih Aman

Tifani
Oleh Tifani
5 April 2024, 10:30
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran
Freepik
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran
Button AI Summarize

Hari raya Idul Fitri atau momen lebaran kerap dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Sebelum mudik, ada beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang dapat disimak.

Agar Anda dapat mudik lebaran dengan perasaan yang lebih nyaman dan aman. Selama mudik lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong selama beberapa hari.

Rumah yang kosong bisa memicu kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian maupun perampokan. Selain potensi kejahatan, potensi bencana seperti kebakaran maupun banjir pada rumah yang kosong juga patut untuk diwaspadai.

Agar lebih tenang, berikut ulasan tips mudik meninggalkan rumah saat lebaran.

Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Langkat, berikut tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran agar selalu aman.

1. Bersihkan Rumah

Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran (Freepik)


Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang pertama adalah membersihkan rumah. Jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan munculnya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut.

Tentunya, Anda tidak ingin bertemu dengan hewan-hewan tersebut saat pulang ke rumah. Jika ada rumput liar dan tanaman liar di bagian luar rumah, potonglah terlebih dahulu agar rumah ditinggal mudik lebaran tetap tampak rapi.

2. Kosongkan Tempat Menampung Air

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran agar selalu aman selanjutnya adalah kosongkan tempat menampung air. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya nyamuk dan saran penyakit.

Akan lebih baik lagi jika Anda membalikkan posisi penampungan air tersebut agar tetap kering. Dengan melakukan hal itu, kesehatan rumah Anda akan tetap terjamin meskipun rumah Anda ditinggal mudik dalam waktu lama.

3. Lepas Regulator Gas

Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran, sebaiknya Anda juga melepas regulator tabung gas sebelum pergi. Selain itu, pastikan juga tabung gas dalam keadaan aman agar mencegah terjadinya kebocoran gas.

Jika ingin lebih aman lagi, Anda dapat mengosongkan gas di dalam tabung tersebut. Cara ini wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

4. Tidak Meninggalkan Barang Berharga

Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran
Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran (Freepik)
 

Barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah, dan lain sebagainya sebaiknya tidak Anda tinggalkan di rumah. Anda bisa menitipkannya di safe deposit box di bank atau di kantor kepolisian.

Jika mudik menggunakan kendaraan umum, bawa juga kunci kendaraan bermotor Anda beserta surat-suratnya.

5. Cabut Barang Elektronik dari Stop Kontak

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya adalah cabut barang-barang elektronik dari sumber listrik. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Halaman:
Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...