Kemeriahan SOLA Market 2024, dari Jatinangor ke Buah Batu
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) Kabinet Aksaracita telah menyelesaikan salah satu program kerjanya, yaitu Space of Lifestyle and Art Market (SOLA Market) 2024 pada tanggal 9 November 2024 lalu.
Program kerja yang dibawahi Departemen Ekonomi Kreatif BEM Fikom Unpad Kabinet Aksaracita menjadi wadah yang menggabungkan aspek perbelanjaan, hiburan, dan dukungan kepada para wirausahawan guna menciptakan kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan ide dan bakat kreatif mereka.
Tahun 2024, SOLA Market membawa tema “High School” dengan tujuan untuk mengajak peserta SOLA Market merasakan kembali semangat remaja dalam diri mereka sehingga mereka bisa mengingat kembali masa-masa sekolah.
Selama berjalannya rangkaian SOLA Market 2024, para peserta mendapatkan kesempatan untuk menghidupkan kembali kenangan indah pada masa sekolah.
Rangkaian SOLA Market 2024 dimulai dengan pre-event yang dilaksanakan pada 27 Oktober 2024 di Lapangan Futsal (DOME), Fikom Unpad. Terdapat berbagai jenis tenant yang menarik seperti makanan dan minuman, busana, dan segala pernak-pernik.
Selain itu pada Pre-Event SOLA Market terdapat juga permainan interaktif yang seru, penampilan dari mahasiswa Fikom, dan karaoke night yang dibawakan oleh Karaoke DJ Sukadansa.
Tidak hanya itu, keseruan SOLA Market lanjut ke rangkaian berikutnya yaitu SOLA on the Road (SOTR) yang dilaksanakan pada 30 Oktober 2024 yang juga merupakan acara Halloween.
Pada SOTR terhadap juga permainan interaktif yang bisa dilakukan oleh peserta dan juga workshop tanah liat bagi mereka yang ingin mengasah kreativitasnya di bidang seni rupa. Dalam rangkaian ini peserta SOTR juga bersenang-senang sambil memakai kostumnya saat karaoke night yang kali ini dipimpin oleh HIMA Tepar.
Rangkaian terakhir dan utama dari SOLA Market bertepatan pada 9 November 2024 di Gedung Olahraga Bikasoga, Buah Batu, Bandung. Acara pada hari itu terdapat talk show yang dihadiri oleh Sitarani yang juga dikenal dengan Animisme yang membawa materi “Bagaimana sih menjadi Content Creator?”.
Sitarani bercerita perjalanannya menjadi content creator, yang awalnya Sitarani deactivate akun instagramnya, lalu membuka akun baru dengan username @animisme.
Pada akun Sitarani yang baru berisi foto-foto pakaiannya yang unik-unik. Hal tersebut yang membuat Sitarani terkenal. Kreativitasnya dalam memadukan baju dengan warna-warna kontras dan kacamatanya yang beragam menjadi unique selling point Sitarani.
Selain itu, SOLA Market 2024 juga mengundang dua influencer sebagai Key Opinion Leader, yaitu Diniyah Nurmala dan pemilik akun Instagram @nazwaalliyz yang juga dikenal sebagai “Nazu”.
Mereka hadir untuk membuat konten serta berinteraksi dengan para peserta, bermain games, keliling tennant, dan banyak kegiatan lainnya.
Di rangkaian tersebut, SOLA Market 2024 berhasil menampung 30 UMKM untuk berjualan di Main Event. Tidak hanya UMKM makanan, tetapi ada juga UMKM busana dan pernak pernik. Beberapa di antaranya ada The Big Cheese, Taichanin Aja, Niion, Demoan, Gurls Club, dan lainnya.
SOLA Market juga menjadi wadah bagi para musisi khususnya band, untuk tampil di acara tersebut dan berhasil mewadahi 10 band untuk tampil di SOLA Market, diantaranya ada Aftermath dan Asta Music.
SOLA Market 2024 juga mengundang guest star untuk memeriahkan acara hari itu, mereka adalah Aurellia and The Sesplay yang hadir dengan album barunya berjudul “Ilusi”, dan Cobalah Bernyanyi yang membuat, menyanyikan, dan menampilkan jingle SOLA Market 2024.
Main Event SOLA Market 2024 juga ada sesi karaoke night yang dipimpin DJ Zoom untuk memeriahkan malam di GOR Bikasoga sekaligus menutup acara SOLA Market 2024.
Project Officer SOLA Market 2024, Christofer Morinho mengungkapkan rasa bangganya melihat keseruan dan antusiasme para peserta pada rangkaian acara SOLA Market 2024.
“Semoga SOLASiDo (peserta SOLA Market) mendapatkan experience yang menarik ya dari SOLA,” ujar Christofer.