Memahami Niat Sujud Syukur, Hukum dan Maknanya dalam Islam

Anggi Mardiana
2 April 2023, 15:58
niat sujud syukur
Freepik
Ilustrasi, sujud syukur.

Niat sujud syukur merupakan niat yang dilakukan oleh seorang muslim sebelum melakukan sujud syukur. Sujud dilakukan saat seseorang merasa bersyukur dan ingin mengekspresikan rasa syukurnya kepada Allah SWT.

Sebagai umat muslim, sujud merupakan bentuk ungkapan rasa syukur seorang hamba kepada Tuhan-Nya. Sujud syukur dilakukan dengan cara sujud seperti saat sholat namun tanpa gerakan-gerakan lain yang biasa dilakukan dalam sholat.

Sujud syukur bisa dikerjakan kapan saja saat kita merasa bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Contohnya saat kita diberikan karunia anak, lulus ujian dengan nilai yang memuaskan atau sembuh dari sakit kronis.

Hukum dan Makna Sujud Syukur

Secara hukum, sujud syukur merupakan bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Hal ini diperkuat dengan adanya hadist Rasulullah SAW mengenai sujud sebagai tanda syukur yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi yang memiliki arti sebagai berikut:

Hadist Sujud Syukur
Hadist Sujud Syukur (Abufadli.com)

Dari hadist tersebut, bisa dipahami bahwa sujud syukur memiliki keutamaan dalam Islam. Namun yang perlu diperhatikan sujud syukur bukanlah suatu kewajiban dalam agama Islam dan tidak ada dosa bagi seseorang yang tidak melakukan sujud syukur.

Sujud syukur memiliki makna sangat penting dalam agama Islam. Dalam sujud syukur seseorang menundukkan kepala dan badannya ke tanah yang merupakan simbol dari rendah diri dan ketundukan kepada Allah SWT.

Selain itu, sujud syukur mengajarkan kepada kita agar senantiasa bersyukur atas apapun yang diberikan oleh Allah SWT. Seperti yang difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surah Ibrahim ayat 7 yang berbunyi:

Surah Ibrahim Ayat 7
Surah Ibrahim Ayat 7 (Youtube Nurdincimahi)

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih". (QS. Ibrahim: 7)

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...