4 Contoh Iklan Penawaran dan Penjelasan Lengkapnya
Iklan berkembang sesuai dengan zaman dengan beragam metode promosi yang diterapkan. Di mana, dalam memasang iklan juga terdapat berbagai unsur hingga media sebagai wadah untuk mempublikasikan.
Dengan memahami contoh iklan penawaran yang benar, bukan tidak mungkin bahwa produk yang akan dipasarkan atau ditawarkan mendapat respons positif, sehingga dimintai. Iklan umumnya menawarkan barang atau layanan jasa yang disediakan produsen.
Menurut Para Ahli
Untuk membuat contoh iklan penawaran, Anda perlu lebih dulu mengenal definisi iklan. Jaiz (2014) berpendapat bahwa definisi iklan adalah bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui media, dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Di dalam suatu iklan, nantinya akan memuat isi, perantara atau media dan sasaran atau segmentasi.
Sementara itu, Philip Kotler (2011) memandang definisi iklan dengan ruang lingkup lebih luas. Dalam bukunya yang berjudul Marketing Management, dia berpendapat bahwa periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara non-personal, oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Meski cakupannya lebih umum, penjelasan dari Kotler cenderung lebih kompleks terkait periklanan. Dalam bukunya, dia juga banyak membahas tentang pemasaran, baik dari sisi promosi maupun manajemen.
Ciri Iklan Penawaran
Mengutip Stickearn.com, iklan penawaran adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, kesuksesan promosi dan tujuan bisnis lainnya. Disadari atau tidak, iklan penawaran banyak ditemui di sekitar Anda. Fungsinya adalah untuk menggaet minat audiens agar tertarik pada barang ataupun jasa yang diiklankan.
Iklan penawaran paling umum misalnya seperti promo produk, diskon, voucher dan masih banyak lagi. Iklan untuk kategori tersebut, umumnya berupa poster digital ataupun cetak yang bisa Anda lihat di jalanan atau titik tertentu.
Masih melansir lama StickEarn, untuk jenis iklan penawaran memiliki cirinya sendiri. Pertama, cenderung dipublikasikan di media digital, meski begitu masih ada juga di media cetak. Kedua, umumnya berbentuk gambar, poster dan video interaktif. Lalu yang terakhir, terlibatnya pembayaran ruang untuk keperluan pemasaran.
Dari ciri tersebut, sangat menggambarkan tawaran yang diajukan oleh merek-merek tertentu, bukan? Misalnya saja voucher pada aplikasi transportasi online atau diskon pada resto makanan yang Anda sukai.
Alih-alih menawarkan produk secara gamblang, bisa dikatakan iklan penawaran memiliki cara yang lebih halus. Salah satunya, dengan menjelaskan keunggulan dan keuntungan yang akan didapatkan pelanggan, didukung penggunaan kata-kata yang persuasif.
Namun perlu juga diketahui bahwa pengiklanan barang atau jasa juga termasuk ke dalam iklan penawaran. Tidak harus ada ketentuan tertentu, seperti diskon dan lain-lain.
Menariknya, iklan penawaran tak melulu menawarkan produk berupa barang atau layanan jasa. Bisa juga berupa tawaran kerja sama. Terlihat bahwa pada eksekusinya, melibatkan persetujuan dari kedua belah pihak. Baik pelanggan dan ketentuan yang ditetapkan perusahaan.
Selain itu, iklan penawaran tentu memiliki tujuan tersendiri. Berikut ini adalah tujuannya yang berhasil dilansir dari situs Finance Detik:
1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau jasa
2. Mempengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk atau jasa
3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk atau jasa yang diiklankan
4. Memberi informasi tentang produk atau jasa
5. Menarik khalayak ramai melalui iklan penawaran dalam bentuk event
6. Menarik perhatian calon konsumen
7. Memancing adanya transaksi penjualan produk atau jasa
8. Produk yang diiklankan lebih dikenal oleh masyarakat luas
9. Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk yang diiklankan
10. Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk yang diiklankan
11. Meningkatkan brand awareness atau kemampuan konsumen mengenali sebuah merek tertentu.
Sebenarnya iklan penawaran dapat dikatakan merupakan bagian dari iklan komersial. Namun memiliki definisi dan tujuan yang lebih spesifik.
Untuk lebih jelasnya,berikut contoh iklan penawaran di bawah ini:
1. Bank BJB
Nah, produk yang ditawarkan adalah kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) jenis bjb prioritas, yakni versi lebih tinggi dibanding bjb precious. Selain ada tampilan barangnya, juga ada keuntungan yang ditawarkan.
2. Spotify
Merupakan platform pemutar musik kenamaan, Spotify terpampang menawarkan layanan satu bulan gratis versi premiumnya.
3. Polytron
Demikian dengan Polytron yang menawarkan produknya. Yakni lemari pendingin seri Belleza Varia. Pada iklan tersebut, juga mencantumkan keunggulan barang.
4. Bukagames
Seperti yang sudah dibahas pada paragraf-paragraf awal, promosi pada iklan penawaran Bukagames berupa voucher, yaitu dengan kode BUKAGAMES akan mendapatkan keuntungan harga yang lebih miring.
Itu lah contoh iklan penawaran dan penjelasannya dari merek-merek yang memiliki produk berbeda. Masing-masing menawarkan keuntungan dari pembelian produk yang ditawarkan. Karena itu lah yang dapat membuat audiens tertarik. Namun publikasinya juga harus diperhatikan, pastikan sesuai dengan kalangan yang disasar.