Kenapa Tahun Baru Identik dengan Kembang Api? Ini Jawabannya

Anggi Mardiana
30 Desember 2022, 14:48
Kenapa tahun baru identik dengan kembang api
Unsplash
Ilustrasi, kembang api.

Kenapa tahun baru identik dengan kembang api? Ini menjadi salah satu pertanyaan yang mungkin terbesit dalam benak banyak orang. Tradisi menyalakan kembang api di malam tahun baru masih berlangsung hingga saat ini.

Kembang api dijadikan sebagai salah satu tradisi masyarakat saat merayakan malam pergantian tahun. Biasanya pesta kembang api diadakan di tempat luas dan terbuka agar bisa disaksikan oleh banyak orang.

Tradisi Malam Tahun Baru di Beberapa Negara

Tradisi Malam Tahun Baru di Beberapa Negara
Tradisi Malam Tahun Baru di Beberapa Negara (Unsplash)

Sebelum mengetaui kenapa tahun baru identik dengan kembang api, perlu menteahui terlebih dahulu beberapa tradisi tahun baru dari beragam budaya di seluruh dunia.

Menyambut tahun baru 2023, setiap negara memiliki kebiasaan yang unik. Berikut beberapa tradisi tahun baru di seluruh dunia yang kami lansir dari Worldstrides.com:

1. Spanyol

Kebiasaan menyambut malam tahun baru di Spanyol yaitu memakan 12 buah anggur di setiap pukulan jam pada tengah malam. Setiap anggur yang dimakan mewakili keberuntungan selama satu bulan di tahun yang akan datang.

2. Denmark

Penduduk Denmark merayakan malam tahun baru dengan melemparkan piring dan gelas tua ke pintu keluarga dan teman untuk mengusir roh jahat. Mereka juga berdiri di atas kursi sambil melompat bersama pada tengah malam dengan harapan mendapat keberuntungan.

3. Finlandia

Adapun di negara Finlandia, orang memprediksi tahun yang akan datang dengan menuang timah cair ke dalam wadah berisi air lalu menafsirkan bentuk logam setelah mengeras. Arti dari hati atau cincin yaitu pernikahan, kapal meramalkan perjalanan dan babi mengartikan akan ada banyak makanan.

4. Panama

Untuk mengusir roh jahat di awal tahun baru, Panama memiliki tradisi membakar patung orang terkenal seperti tokoh politik di Panama. Patung mewakili tahun tua.

5. Brazil

Penduduk Brazil percaya bahwa mengenakan pakaian dalam khusus pada malam tahun baru dianggap bisa membawa keberuntungan. Warna paling populer dikenakan yaitu merah yang dianggap sebagai membawa cinta di tahun baru dan kuning dianggap membawa uang.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...