Tips Menulis Makalah SMP yang Baik dan Benar sebagai Panduan

Anggi Mardiana
10 Februari 2023, 17:31
Tips menulis makalah SMP
Unsplash
Ilustrasi, membuat makalah.

Tips membuat makalah SMP bisa dikatakan "gampang-gampang susah". Sebab murid harus memperhatikan kaidah menulis makalah yang baik dan benar sesuai strukturnya. Makalah sendiri diartikan sebagai karya tulis yang memuat pembahasan topik mengenai masalah tertentu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah memiliki dua makna, pertama tulisan resmi tentang pokok yang dimaksudkan untuk dibaca di depan umum dalam suatu persidangan. Kemudian kedua, makalah diartikan sebagai karya tulis pelajar atau laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah.

Tips Menulis Makalah SMP yang Baik dan Benar

Tips menulis makalah SMP
Tips menulis makalah SMP (Unsplash)

Membuat makalah SMP untuk mengerjakan tugas sekolah yang benar, perhatikan beberapa tips berikut:

1. Menentukan Topik atau Tema Pembahasan

Ketika membuat makalah, langkah pertama tentukan topik atau tema pembahasan terlebih dahulu. Pilihlah tema yang menurut Anda bisa menguasai dan memiliki wawasan lebih mengenai topik yang dipilih. Jika sudah, buatlah judul semenarik mungkin agar pembaca tertarik.

2. Mengumpulkan Referensi

Langkah selanjutnya, mulailah mengumpulkan referensi terkait judul. Referensi bisa diperoleh dari buku atau wawancara dengan narasumber. Nantinya, data dari referensi bisa dimanfaatkan untuk membentuk kerangka rumusan masalah dan memperluas pengetahuan yang berhubungan dengan topik pembahasan.

3. Menulis Makalah Secara Sistematis

Dalam menyusun makalah, sebaiknya lakukan dengan cara sistematis sesuai strukturnya. Mulai dari membuat bagian pendahuluan terlebih dahulu, fokus ke bagian isi makalah yang dipilih temanya dan tutup dengan membuat kesimpulan yang jelas.

4. Menambahkan Kutipan

Tips menulis makalah SMP berikutnya yaitu menambahkan kutipan untuk memperkuat data yang didapatkan. Kutipan bisa berupa kutipan tidak langsung dan langsung. Kutipan ini bisa diperoleh dari teori ahli atau wawancara narasumber di lapangan.

5. Menyunting Makalah

Jika sudah membuat makalah, jangan terburu-buru untuk mempublikasikannya. Periksa bagian isi terlebih dahulu agar tidak ada yang salah. Dalam tahap ini, penulis perlu melakukan pemeriksaan isi makalah terkait dengan ejaan, tanda baca dan penggunaan kata kalimat.

6. Melakukan Konsultasi

Tips terakhir yaitu melakukan konsultasi dengan dosen atau guru selama proses mengerjakan makalah. Anda bisa mengecek kembali apakah makalah yang dibuat sesuai dengan struktur dan tidak ada kesalahan dalam pengejaan, tata bahasa yang digunakan dan tanda baca.

Susunan Menulis Makalah yang Benar

Bagaimana membuat susunan makalah SMP
Bagaimana membuat susunan makalah SMP (Unsplash)

Selain memahami tips menulis makalah SMP yang benar, ketahui juga susunan menulis makalah berikut ini melansir dari Scribd.com:

1. Bagian Awal

Bagian awal makalah meliputi beberapa hal berikut:

• Halaman Judul

Format membuat halaman judul biasanya disesuaikan dengan peraturan dari institusi masing-masing. Secara garis besar meliputi judul, nomor induk siswa/mahasiswa, nama penulis, nama dosen atau guru pengampu, logo institusi serta jurusan dan nama institusi.

• Kata Pengantar

Bagian kata pengantar memiliki fungsi untuk mengantarkan pembaca pada permasalahan yang dibahas. Dalam bagian ini, Anda bisa menuliskan ungkapan rasa syukur, uraian singkat makalah, judul makalah dan ucapan terimakasih kepada pihak terkait.

• Daftar Isi

Bagian daftar isi bisa digunakan untuk menggambarkan kesuluruhan isi pokok laporan. Silahkan cantumkan dengan jelas urutan bab dan subbab serta nomor halamannya.

2. BAB 1 Pendahuluan

Pada BAB 1 pendahuluan, Anda perlu mencantumkan beberapa hal berikut:

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...