14 Amalan di Bulan Ramadhan Ini Sesuai Sunnah

Dwi Latifatul Fajri
17 Maret 2023, 16:36
Amalan di Bulan Ramadhan
Freepik
Ilustrasi membaca Al Quran

Bulan Ramadhan adalah hari yang dinanti umat Islam. Selama satu bulan penuh, umat Islam berpuasa seharian. Tak hanya ibadah puasa, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan amalan di bulan Ramadhan. Amalan ini menjadi pahala ibadah berlipat ganda di bulan mulia. Umat Islam bisa menjalankan ibadah dan meningkatkan takwa.

Menurut kitab Fiqh Islam, terdapat 12 sunah yang dikerjakan selama Ramadhan. Kamu bisa menjalankan amalan sunnah sesuai kemampuan.

Advertisement

Amalan di Bulan Ramadhan

Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak
Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak (Pexels)

Ada tiga amalan utama yang dicontohkan oleh Rasulullah S.A.W. Tiga amalan utama di bulan Ramadhan adalah meningkatkan shalat, membaca Al Quran, dan sedekah. Menurut kitab Fiqh Islam, ada amalan bulan yang dianjurkan untuk dikerjakan.

1. Meningkatkan Salat

Bulan Ramadhan menjadi bulan mulia untuk meningkatkan ibadah. Selain shalat 5 waktu, kamu bisa menambah salat sunah yang dikerjakan diluar shalat fardhu. Contoh salat sunah rawatib, sholat tahajud, dan salat dhuha.

2. Membaca Al Quran

Amalan sunah yang dianjurkan adalah membaca Al Quran. Kamu bisa membuat target khatam Al Quran sebanyak 30 juz. Buatlah daftar membaca Al Quran sebelum dan sesudah shalat. Jika strategi ini konsisten dilakukan, Insyaallah dapat mengkhatamkan 30 juz Al Quran.

3. Sedekah

Selama bulan Ramadhan, perbanyak sedekah dan infak. Kamu bisa meningkatkan infak dan sedekah sesuai kemampuan masing-masing. Contohnya infaq setelah shalat Subuh di masjid dan memberi sedekah pada fakir miskin.

4. Menyegerakan Buka Puasa

Menyegerakan buka puasa adalah amalan di bulan Ramadhan. Ketika azan magrib tiba, segera konsumsi air putih dan kurma untuk membatalkan puasa. Kamu bisa konsumsi makanan dan minuman manis setelah puasa sehari penuh.

5. Berdoa Waktu Berbuka

Sebelum menyantap makanan berbuka, sebaiknya baca doa berbuka puasa lebih dulu. Ketika azan Magrib berkumandang, segera lafalkan doa untuk membatalkan buka puasa. Doa berbuka puasa yaitu,

Dalam Lafadz Latin: “Allahumma laka sumtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu”

Artinya: “Ya Allah! Aku berpuasa untuk mencari keridhaan-Mu dan kini aku membuka puasa dengan rezeki yang Engkau berikan. Aku percaya dan mengandalkan-Mu. Ya Rabb yang penuh kasih dan karunia, berilah ampunan kepadaku.”

6. Berbuka Puasa dengan Kurma

Buah kurma dianjurkan untuk dimakan ketika buka puasa. Berdasarkan sunnah nabi, kamu bisa konsumsi buah kurma dalam jumlah ganjil, misalnya makan 1 atau 3 buah kurma. Kamu juga bisa konsumsi buah kurma waktu sahur.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement