Doa Sujud Syukur, Terjemahan dan Dalilnya dalam Islam

Anggi Mardiana
2 April 2023, 14:45
Doa sujud syukur
Unsplash
Ilustrasi, Doa Sujud Syukur.

Doa sujud syukur dalam Islam memiliki makna yang penting. Dalam surah Al-Insyirah ayat 5 sampai 6, Allah SWT berfirman bahwa dalam setiap kesulitan ada kemudahan. Makna yang terkandung dalam ayat tersebut yaitu mendapatkan kemudahan, kita juga harus bersyukur dan mengakui kebesaran Allah SWT.

Sujud syukur merupakan bentuk pengakuan bahwa segala nikmat yang diterima oleh kita berasal dari Allah SWT. Seorang muslim yang melakukan sujud syukur harus merasa rendah hati dan mengakui keagungan Allah SWT.

Sujud syukur bisa dilakukan pada segala situasi, baik dalam keadaan gembira maupun kondisi sedih. Dalam artikel ini akan dibahas lebih detail mengenai doa sujud syukur, terjemahan berikut dalilnya.

Doa Sujud Syukur dalam Islam dan Terjemahannya

Doa Sujud Dalam Islam dan Terjemahannya
Doa Sujud Dalam Islam dan Terjemahannya (Unsplash)

Sujud syukur dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT atas nikmat dan kebahagiaan yang dirasakan. Berikut bacaan doa sujud syukur dan terjemahannya:

1. “Subhana Rabbiyal A’la

Anda bisa membaca doa “Subhana Rabbiyal A’la” yang artinya “Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi”. Doa ini menunjukkan rasa kagum dan syukur seseorang kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, seseorang mengakui bahwa segala kebaikan berasal dari Allah SWT.

2. “Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimmush shalihaat

Bacaan sujud syukur kedua ini memiliki arti “Segala puji bagi Allah SWT dengan nikmat-Nya segala kebaikan tercapai”. Dengan membaca doa ini, seseorang mengakui bahwa segala nikmat hanya dari Allah SWT.

3. “Allahuma lakal hamdu kulluhu, anta rabbul ‘aalamiin

Doa sujud syukur ini memiliki arti “Ya Allah, Segala puji bagi Mu, Engkau adalah Rabb seluruh alam”. Doa ini memiliki makna bahwa hanya Allah yang menguasai seluruh alam dan seseorang yang membaca ini berarti mengakui kebesaran Allah SWT.

4. “Shukran lillah

Selanjutnya, doa yang paling mudah diucapkan ini memiliki arti “Terima kasih ya Allah”. Dengan membaca doa ini, seseorang memiliki sikap rendah diri dan mengungkapkan rasa syukurnya dengan mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT.

5. “Alhamdulillah

Doa terakhir yang juga mudah untuk diucapkan yaitu Alhamdulillah yang berarti “Segala puji bagi Allah SWT”. Dengan mengucapkan kata Alhamdulillah, seseorang telah mengungkapkan rasa syukurnya atas keberkahan yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...