Contoh Bisnis Plan Sederhana sebagai Referensi Pelaku Usaha Baru
Contoh bisnis plan penting diketahui oleh Anda yang menginginkan usaha berhasil. Semua rencana yang baik bisa dituangkan dalam bisnis plan secara detail. Bisnis plan memuat usaha yang akan dijalankan nantinya.
Dalam proposal bisnis plan, Anda bisa memasukan latar belakang dan penjelasan terkait produk yang akan dijual. Pelaku usaha bisa memasukan latar belakang dan penjelasan produk yang akan dijual nantinya. Perlu juga menaruh nilai modal dan potensi keuntungan yang mungkin diperoleh.
Unsur-unsur Dalam Contoh Bisnis Plan Sederhana
Sebelum masuk ke contoh bisnis plan, berikut unusr-unsur dalam membuat bisnis plan sederhana yang perlu Anda perhatikan:
1. Latar belakang usaha
Latar belakang usaha merupakan bagian pertama yang harus ada. Silakan utarakan mengenai alasan Anda memulai bisnis online dan alasan penamaannya. Tidak hanya itu, ceritakan juga informasi mengenai produk yang akan dipasarkan.
2. Struktur organisasi
Untuk membangun bisnis bersama keluarga maupun teman, diperlukan struktur organisasi yang jelas. Sebab struktur organisasi akan memberikan gambaran mengenai organisasi yang akan dibangun nantinya. Dengan begitu, orang yang ada dalam organisasi bisa tahu tugas dan tanggung jawabnya.
3. Penyampaian visi dan misi
Sebuha bisnis tentunya harus memiliki visi dan misi yang jelas. Dua hal ini diperlukan demi kemajuan bisnis kedepannya. Tidak hanya itu, visi dan misi akan dipertimbangkan oleh pihak ketiga atau pemilik modal. Jika mereka tertarik dengan rencana Anda maka modal usaha pun bisa lebih mudah diperoleh.
4. Gambaran produk yang dipasarkan
Unsur proposal bisnis plan berikutnya ada gambaran produk yang akan dipasarkan. Produk menjadi salah satu kekuatan dari bisnis yang sedang dibangun. Selain barang yang dijual, Anda perlu memaparkan layanan dan distribusi produk.
5. Aset usaha
Aset atau kekayaan perusahaan penting dijabarkan dalam bisnis plan. Misalnya jika menjalankan bisnis kedai kopi maka sudah seharusnya memiliki sejumlah alat pembuat kopi. Seluruh kekayaan tersebut bsa dijabarkan dalam bentuk rupiah. Jabarkan aset bahkan untuk peralatan terkecil sekalipun.
6. Sumber Permodalan
Sama seperti membuat bisnis, Anda perlu menghitung jumlah modal yang dibutuhkan secara jeli. Silakan jabarkan dalam bisnis plan mengenai sumber modal tersebut. Catatlah jumlah uang yang dikeluarkan dari dana pribadi lalu tulis perkiraan dana yang diperlukan dari pihak ketiga atu investor.
7. Estimasi pengeluaran rutin
Dalam sebuah bisnis tentunya akan ada pengeluaran yang dikeluarkan secara rutin setiap bulannya. Pastikan Anda sudah menghitungnya secara tepat untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Pengeluaran rutin ini meliputi gaji karyawan, sewa, bahan baku dan tagihan listrik.
8. Strategi pemasaran
Investor membutuhkan strategi pemasaran yang baik untuk menjabarkan mengenai setiap langkah yang akan diambil. Ada baiknya bagi Anda untuk menyesuaikan strategi pemasaran dengan produk atau target pasarnya. Dengan begitu, strategi pasar yang dibuat bisa menarik investor lebih banyak.
9. Potensi keuntungan
Pihak pemodal juga perlu mengetahui potensi keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi bisnis. Anda bisa membuat potensi keuangan di proposal bisnis plan sebagai daya tarik. Namun usahakan tetap realitis dan memperhatikan faktor lainnya.
10. Rencana perluasan bisnis
Perhatikan juga rencana perluasan bisnis jangka pendek, menengah maupun panjang. Langkah ini bisa memberikan semangat baru dalam proses pengembangan dan inovasi bisnis. Tulislah beberapa prediksi secara realistis dalam bisnis blan.
Contoh Bisnis Plan Sederhana
Sebagai referensi, berikut contoh bisnis plan sederhana sebagai bahan proposal yang bisa Anda buat:
A. Latar Belakang Bisnis
Pakaian merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh manusia. Karena itu, permintaan terhadap pakaian akan terus ada sehingga alasan inilah yang menjadi dasar pembentukan bisnis Pakaian Kekinian di Jakarta.
Bisnis ini akan berfokus pada pakaian remaja. Bahan dasar pembuatannya diperoleh dari pemasok kain grosiran dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, kami bisa memberikan harga pakaian lebih murah dari kompetitor lain namun tetap memiliki kualitas yang tidak diragukan.
Secara tidak langsung, bisnis Pakaian Kekinian akan memajukan industri pakaian dalam negeri. Langkah ini diambil untuk memberikan dampak positif dan kemajuan bisnis pakaian kedepannya.
B. Struktur Organisasi
1. Pimpinan Usaha: Andi Pratama
2. Manajer Operasional: Gilang Aji
3. Manajer Finansial: Tuti Susilawati
C. Visi dan Misi Bisnis
Bisnis Pakaian Kekinian diharapkan bisa menjadi usaha yang bisa memajukan para pelaku usaha tekstil Indonesia. Diharapkan juga bisa menjadi penggerak ekonomi dalam lingkungan setempat.
Bisnis Pakaian Kekinian akan terus mengajak para produsen tekstile untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya. Hal ini diperlukan agar pakaian yang diproduksi pun bisa nyaman dipakai oleh konsumen. Kualitas menjadi hal terdepan dalam menyampaikan produk kepada pelanggan.
D. Produk Pakaian Kekinian
Produk utama Pakaian Kekinian ialah pakaian remaja wanita karena cukup banyak dicari oleh masyarakat. Ada beragam model terbaru sesuai tren yang akan kami siapkan untuk pelanggan dengan padu padan menarik.
E. Aset Pakaian Kekinian
Toko Pakaian Kekinian telah dilengkapi dengan etalase dan beberapa perlengkapan toko lainnya. Beberapa peralatan standar yang harus ada di toko seperti meja, kursi, alat tulis, cermin, hanger, lemari maju dan rak pakaian. Sebagai modal awal, aset Pakaian Kekinian sebesar Rp 100 juta. Pembagian aset tetap sebesar Rp 70 juta dan dana segar Rp 30 juta.
F. Sumber permodalan
Modal Pakaian Kekinian diambil dari dana pribadi sebesar Rp 70 juta. Kini sebagian modal sudah dialihkan ke perlengkapan dan bahan baku lainnya. Modal sebesar Rp 30 juta diperoleh dari investor.
G. Pengeluaran Rutin Bulanan
Adapun berikut daftar pengeluaran rutin bulanan yang harus dibayarkan:
Pengeluaran | Nilai |
Gaji Karyawan 3 Orang | Rp 9 juta |
Bahan Baku | Rp 20 juta |
Biaya Listrik | Rp 2 juta |
Biaya Internet | Rp 1 juta |
Biaya Lembur | Rp 500 ribu |
Biaya Pemeliharaan | Rp 1,5 juta |
Total | Rp 34 juta |
H. Strategi Pemasaran
Srategi pemasaran Pakaian Kekinian akan menjadi mitra beberapa platform penjualan online. Langkah ini perlu diambil untuk memudahkan para pelanggan dalam melakukan pembelian dari mana pun. Tidak hanya itu, Pakaian Kekinian akan memberikan potongan harga di tanggal-tanggal tertentu.
Strategi pemasaran di media sosial pun akan kami gencarkan. Kami akan bekerja sama dengan beberapa selebram agar jumlah penjualan Pakaian Kekinian bisa meningkat terus.
I. Potensi keuntungan
Melihat lokasi dan harga yang kami tawarkan, Pakaian Kekinian memiliki target penjualan 1000 pcs per bulan. Berikut perhitungan potensi keuntungan Pakaian Kekinian:
Keuntungan/laba kotor – beban pengeluaran rutin bulanan Pakaian Kekinian = laba bersih
Rp 100.000.000 – Rp34.000.000 = Rp 66.000.000
J. Rencana pengembangan bisnis
Sebagai rencana jangka pendek, Pakaian Kekinian akan membangun komunitas bisnis yang akan membantu memasarkan produk sehingga bisa meningkatkann penjualan setiap bulannya.
Selanjutnya akan menarik beberapa reseller agar bisa menjangkau konsumen secara lebih luas.
Jika hal ini sudah berjalan baik, Pakaian Kekinian berencana membuka cabang di sejumlah wilayah Jakarta. Dengan begitu, akan banyak reseller yang bisa diajak kerja sama dan ditargetkan bisa berjalan 2-3 tahun ke depan.
Contoh bisnis plan ini bisa Anda jadikan referensi saat akan membuka usaha pakaian dalam waktu dekat. Buatlah proposal bisnis plan sebaik mungkin agar bisa menarik investor dan meningkatkan keuntungan yang diperoleh.