Mengenal Apa itu Copywriting, Pengertian, Jenis, dan Tugas Copywriter
Profesi copywriting berkaitan dengan pemasaran digital. Copywriting ditemukan dalam artikel dan tulisan-tulisan ajakan dalam iklan penjualan. Tulisan deskripsi produk dalam iklan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tulisan ajakan ini dibuat oleh penulisan pemasaran atau copywriter.
Bekerja menjadi copywriter berkaitan dengan pengiklan dan pembelian. Tugas copywriter adalah penghubung antara pengiklan dan konsumen melalui berbagai media. Contoh copywriter bisa ditemukan dalam konten sosial media, tulisan, audio, gambar, dan video. Berikut penjelasan tugas copywriter dan skill yang dibutuhkan.
Mengenal Apa itu Copywriting
Berdasarkan Kamus Oxford, kata copywriting artinya kegiatan atau pekerjaan menulis teks iklan atau materi publisitas. Sedangkan copywriter adalah sebutan untuk orang yang bekerja di agensi iklan, pemasaran, organisasi, perusahaan, dan pemerintah. Tugas copywriter adalah membuat konten untuk konsumen agar tertarik membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan.
Copywriter banyak dibutuhkan di era perkembangan teknologi dan promosi media sosial. Pekerjaan copywriter membutuhkan keahlian menulis, komunikasi, periklanan, dan analisis. Tulisan copywriter bisa ditemukan di webpage, blog, media sosial, email, poster, billboards dan media lainnya.
Deskripsi pekerjaan copywriter yaitu bertanggung jawab pada penulisan dan artikel yang diterbitkan. Tulisan dibuat ringkas dan jelas dengan desain yang menarik konsumen. Sebelum membuat publikasi konten, copywriter perlu riset produk, menentukan jenis, dan struktur copywriting. Kemudian tulisan menggunakan bahasa singkat dan persuasif.
Gaji Copywriter
Berapa banyak penghasilan copywriter di Indonesia? Mengutip dari Indeed.com, rata-rata gaji copywriter sebesar Rp 4.870.745 per bulan di Indonesia. Berikut daftar rata-rata gaji copywriter terbesar di kota.
- Jakarta: Rp 5.549.349 per bulan
- Bandung: Rp 3.303.734 per bulan
- Tangerang: Rp 3.321.729 per bulan
- Denpasar: Rp 4.520.905 per bulan
- Yogyakarta: Rp 2.615.063 per bulan
Tugas Copywriter
Beberapa perusahaan menetapkan tugas copywriter yang berbeda sesuai kebutuhan. Berikut tugas copywriter secara umum:
- Analisis dan editing artikel
- Membuat konsep untuk konten
- Mengelola tidak hanya satu proyek
- Memproduksi konten tanpa kesalahan
- Menulis konten di berbagai platform media sosial
- Kolaborasi dengan departemen PR dan marketing untuk pengembangan ide kampanye marketing
- Mengusulkan konsep copy dengan cara menarik pada klien dan melaksanakan proyek sesuai perencanaan
- Berdiskusi dengan klien dan memahami pesan yang ingin mereka sampaikan, brand voice, dan target audiens
Jenis-Jenis Copywriter
Profesi copywriter dibagi menjadi beberapa jenis sesuai kebutuhan perusahaan. Berikut jenis-jenis copywriter
1. SEO Copywriting
SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Tugas utama copywriter yaitu menyesuaikan kata kunci yang dicari di mesin search engine. Ketika audiens mengetikkan suatu kata, maka akan muncul produk atau jasa dari kata kunci serupa.
2. Technical Copywriting
Technical Copywriting menjelaskan teknis yang berhubungan dengan produk. Tidak hanya menjelaskan teknisnya, tetapi mendorong audiensi untuk membeli produk dan bisa diadaptasi sesuai kebutuhan. Technical copywriting biasanya dimuat dalam brosur, buku manual, dan buku panduan. Penulisan copywriting mudah dipahami oleh pembaca.
3. Niche Copywriter
Mengutip dari Glints.com, niche copywriter adalah penulis yang mempunyai spesialisasi dalam satu bidang. Contoh, niche copywriter yaitu penulisan konten di bidang kesehatan dan kecantikan. Penulis membutuhkan pengalaman beberapa tahun untuk menguasai keahlian di industri tersebut.
4. Ads Copywriter
Jenis copywriting yang dibutuhkan dalam iklan. Teks yang dimuat dalam iklan dapat mempengaruhi target audiens untuk mengunjungi profil dan klik tombol pembelian produk.
5. Website Copywriter
Website copywriter memuat informasi barang dan jasa dalam website. Konsumen dapat menemukan informasi dalam situs untuk tertarik membeli. Seorang copywriter perlu mempelajari strategi copywriting yang mereka gunakan.