Memahami Jenis, Struktur, dan Cara Membuat Abstrak Artikel

Destiara Anggita Putri
21 Agustus 2023, 17:12
Cara Membuat Abstrak Artikel
Unsplash
Ilustrasi, cara membuat abstrak artikel.

Dalam penulisan karya tulis ilmiah seperti artikel, ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu abstrak yang berguna untuk memberikan gambaran penelitian kepada para penguji atau pembaca.

Abstrak sendiri biasanya terletak di halaman awal setelah cover dan terdiri dari 250 hingga 400 kata. Di akhir abstrak juga biasanya akan ditambahkan  kata kunci (keyword).

Kata kunci sendiri merupakan istilah yang mewakili atau banyak digunakan dalam penelitian. Jumlah maksimal kata kunci biasanya 5 sampai 7 kata. Lantas, bagaimana cara membuat abstrak artikel yang baik dan benar? Simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Abstrak Artikel
Cara Membuat Abstrak Artikel (Unsplash)

Ciri-ciri Abstrak

Berikut ini ciri-ciri abstrak yang perlu diketahui:

  • Abstrak bersifat menyeluruh dan mewakili keseluruhan isi judul. 
  • Abstrak menggunakan kalimat pasif dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.
  • Tanpa komentar dari pembuatnya, hanya berisi apa yang diterangkan dalam karya tulis ilmiah. 
  • Terletak di awal sebagai penyedia informasi dari karya ilmiah. Isi abstrak terdiri dari 250-400 kata atau kurang. 
  • Tidak mengandung kepustakaan, singkatan, ilustrasi, grafik, dan tabel. 
  • Di bawah abstrak tercantum kata-kata kunci untuk mengindeks karya ilmiah.

Tujuan Abstrak dalam Karya Ilmiah

Melansir writing.wisc.edu, Abstrak memiliki beberapa tujuan dalam karya ilmiah khususnya penelitian dan skripsi, yaitu:

  • Memudahkan pembaca untuk menangkap inti atau esensi dari karya tulis ilmiah secara cepat. Abstrak dapat menjadi pertimbangan pembaca untuk meneruskan membaca karya tulis ilmiah atau tidak. Apalagi bila pembaca sedang mencari referensi maka membaca Abstrak adalah acar tercepat untuk menyeleksi karya tulis ilmiah yang sesuai dengan kebutuhannya
  • Abstrak juga dapat dijadikan sebagai pedoman pembaca dalam membaca karya tulis ilmiah. Mengikuti rincian informasi, analisis, dan argumen penulis
  • Abstrak membantu pembaca dalam mengingat poin penting dalam karya tulis ilmiah

Jenis-jenis Abstrak

Ada beberapa jenis abstrak yang biasanya digunakan dalam karya tulis ilmiah. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis abstrak tersebut.

1. Abstrak Indikatif

Abstrak indikatif hanya memberikan gambaran singkat mengenai topik yang dibahas dalam karya tulis ilmiah. Abstrak jenis ini tidak memberikan informasi mengenai tujuan, metode, hasil, atau kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan.

2. Abstrak Informatif

Abstrak informatif memberikan gambaran lengkap mengenai latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Abstrak jenis ini biasanya lebih panjang dari abstrak indikatif.

3. Abstrak Kritis

Abstrak kritis adalah jenis abstrak yang memberikan evaluasi atau penilaian terhadap karya tulis ilmiah yang telah dilakukan. Abstrak jenis ini biasanya digunakan pada karya tulis ilmiah yang membahas tentang hasil penelitian yang kontroversial atau memerlukan analisis kritis.

4. Abstrak Deskriptif

Abstrak deskriptif memberikan gambaran singkat mengenai isi karya tulis ilmiah secara deskriptif. Abstrak jenis ini tidak memberikan informasi mengenai tujuan, metode, hasil, atau kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan.

Struktur Abstrak

Sebelum membuat abstrak, pastikan Anda memasukkan 5 strukturnya, yaitu:

1. Latar Belakang

Latar belakang merupakan bagian yang berisi alasan topik atau subjek penelitian dipilih. Struktur ini menjelaskan tentang masalah yang diteliti, teori serta metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah bagian yang berisi maksud disusunnya suatu karya ilmiah yang biasanya berupa pertanyaan yang akan dijawab pada bagian kesimpulan setelah penelitian berakhir.

3. Metode Penelitian

Metode penelitian adalah bagian yang menjabarkan teknik atau pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dikaji. Bagian ini biasanya ditulis secara ringkas mengenai pendekatan, jenis, dan objek penelitian, serta metode pengumpulan dan analisis data.

4. Hasil Penelitian

Hasil penelitian adalah bagian yang berisi jawaban atas rumusan masalah yang telah dikemukakan sebelumnya. Hasil penelitian ini harus didasarkan pada temuan yang diperoleh dari subjek penelitian.

5. Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian yang berisi kesimpulan dari hasil penelitian. Dalam bagian ini, dapat pula dimasukkan rekomendasi maupun saran terhadap penelitian berikutnya.

Cara Membuat Abstrak Artikel

Berikut ini informasi lengkap cara membuat abstrak artikel yang bisa dipraktekkan.  

Cara Membuat Artikel Ilmiah
Cara Membuat Abstrak Artikel (Unsplash)

1. Tuliskan Latar Belakang Penelitian

Pada bagian ini, Anda harus menjelaskan alasan mengapa penelitian tersebut dilakukan, apa yang menjadi latar belakang atau masalah yang ingin diselesaikan dengan penelitian tersebut, serta bagaimana penelitian tersebut berkaitan dengan topik atau bidang ilmu tertentu. Pastikan penjelasan yang diberikan singkat, jelas, dan menarik perhatian pembaca.

2. Jelaskan Metode Penelitian yang Dipakai

Pada bagian ini, Anda harus menjelaskan metode atau cara yang digunakan dalam penelitian. Anda  harus menjelaskan secara singkat, tetapi jelas mengenai metode penelitian yang Anda gunakan seperti penelitian kualitatif atau kuantitatif, pengumpulan data, analisis data, dan teknik yang digunakan.

3. Berikan Penjelasan tentang Hasil Penelitian

Pada bagian ini, Anda  harus memberikan penjelasan singkat mengenai hasil penelitian yang telah Anda  temukan. Pastikan penjelasan tersebut menyertakan temuan atau hasil yang paling penting, sehingga pembaca dapat memahami hasil penelitian Anda dengan jelas.

4. Berikan Kesimpulan

Pada bagian ini, Anda  harus menyimpulkan hasil penelitian dalam satu atau dua kalimat. Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian yang telah Anda  tetapkan sebelumnya. Pastikan kesimpulan yang diberikan mencerminkan hasil penelitian yang telah ditemukan.

5. Masukkan Kata Kunci

Kata kunci atau keywords adalah istilah atau frasa penting yang dapat membantu pembaca menemukan abstrak Anda  ketika melakukan pencarian di database atau mesin pencari. Pastikan kata kunci yang Anda  pilih relevan dengan penelitian dan mencakup tema utama penelitian Anda.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...