8 Cara Cek Skor Kredit Secara Online dengan Mudah

Tifani
Oleh Tifani
28 Agustus 2023, 15:00
Ilustrasi, Cara Cek Skor Kredit
Freepik
Ikustrasi, Cara Cek Skor Kredit

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meluncurkan situs resmi untuk mengecek skor kredit. Caranya masyarakat tinggal mengakses laman idebku.ojk.go.id.

OJK menjelaskan informasi skor kredit penting untuk masyarakat. Sebab dapat membantu mempercepat proses analisis dan mengambil keputusan untuk memberi pinjaman.

Advertisement

Jika skor BI Checking buruk, hal ini dapat menjadi hambatan besar dalam perolehan kredit di masa mendatang. Skor kredit bahkan akan dipertimbangkan ketika mengajukan kredit KPR.

Jangan sampai tidak mempedulikan skornya lalu berakhir terkena blacklist OJK. Sebelum terlambat, simak ulasan di bawah ini mengenai skor kredit dan cara mengeceknya.

Cara Cek Skor Kredit

Ilustrasi, mengecek skor kredit.
Ilustrasi, mengecek skor kredit. (Freepik)

Skor kredit atau credit score adalah angka yang mengestimasi kemampuan nasabah dalam melunasi utangnya tepat waktu. Angka ini pada umumnya berkisar antara 250-900. Semakin tinggi angkanya, semakin mengindikasikan kemampuan membayar utang yang lebih baik.

Skor yang baik juga dapat membantu mendapatkan bunga yang lebih ringan. Apabila skor kredit rendah, bank akan melihat risiko pelunasan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, mereka mengenakan bunga yang lebih tinggi pula sebagai kompensasinya. Lembaga keuangan dan perusahaan perbankanlah yang akan mengukur kredit skor tiap nasabahnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengatur sektor jasa keuangan di Indonesia. Salah satu layanan yang disediakan oleh OJK adalah kemudahan untuk memeriksa skor kredit atau kualitas kredit melalui laman resmi mereka.

Melalui SLIK OJK, pemohon bisa mendapatkan informasi seputar riwayat debitur. Mulai dari data pokok, beban bunga, kualitas kredit, cicilan, sampai dengan jaminan aset. Masyarakat juga bisa menggunakan SLIK OJK ini untuk melihat skor kreditnya, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pastikan Device Terhubung dengan Jaringan Internet Aktif

Sebelum masuk ke langkah selanjutnya, pastikan device yang digunakan baik itu smartphone atau komputer telah terhubung ke jaringan internet. Pastikan juga koneksi internetnya stabil sehingga proses loading-nya lebih cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement