Apa itu SEO? Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Kerjanya
Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic secara organik ke website. Ini dapat meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek. Tidak hanya itu, SEO juga menjadi salah satu strategi dalam digital marketing yang efektif dan hemat.
Bukan hanya sekadar mencari traffic, bahkan di beberapa perusahaan, SEO merupakan channel yang menyumbang konversi paling banyak dibandingkan dengan paid channel.
Karena memiliki pengaruh yang besar terhadap bisnis, SEO sangat penting bagi perusahaan. Tak heran jika saat ini mulai banyak perusahaan menjalankan SEO campaign. Oleh karena itu, pengetahuan dan praktik soal SEO menjadi sebuah keharusan di zaman yang serba digital saat ini.
Bagi Anda yang ingin menjalankan SEO, berikut informasi mengenai jenis, manfaat, dan cara kerjanya yang telah dirangkum oleh Katadata.co.id.
Apa itu SEO?
Mengutip laman Hostinger.com, SEO adalah serangkaian praktik yang dirancang untuk meningkatkan tampilan dan posisi halaman web pada pencarian organik. Hampir serupa dengan SEM atau Search Engine Marketing, SEO adalah suatu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas suatu website.
SEO juga diartikan sebagai upaya untuk meningkatkan visibilitas website ketika pengguna mencari sebuah produk atau layanan. Semakin tingginya posisi website dengan keyword tertentu di dalam search engine, maka akan semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website tersebut.
Jenis-jenis SEO
Search Engine Optimization atau SEO dibagi menjadi empat bagian, yakni On-Page, Off-Page, Technical, dan Lokal. Berikut penjelasan jenis-jenis SEO secara lengkap.
1. On-page SEO
Pengertian SEO On-page adalah upaya optimasi yang dilakukan secara langsung di setiap halaman website. Tujuannya untuk memaksimalkan kontennya agar bisa membantu menaikkan peringkat website.
Fokus utamanya terletak pada konten dan HTML source code, seperti title tag, header tag, dan meta description. Informasi inilah yang akan ditampilkan di SERP (search engine result pages) atau hasil pencarian.
Diterapkannya SEO on-page juga akan mempermudah web crawler menganalisis dan mengindeks konten. Berikut hal-hal yang termasuk dalam SEO on-page:
Konten
Google menggunakan framework E-A-T (expertise, authoritativeness, dan trustworthiness) untuk menilai kualitas konten, halaman, dan website. Konten berkualitas yang dibuat oleh pihak (author) tepercaya dan dipublikasikan di website yang juga terpercaya lebih diprioritaskan.
Dapat disimpulkan, ingin website muncul di halaman pertama Google, Anda harus pastikan setiap kontennya memenuhi kriteria framework.
Optimasi keyword
Menambahkan kata kunci akan mempermudah algoritma mesin pencari dalam mengidentifikasi informasi yang tersedia. Disarankan untuk cari kata kunci target menggunakan tool SEO, seperti Ahrefs Keywords Explorer atau Google Keyword Planner.
Kemudian, buatlah konten menggunakan kata kunci tersebut. Namun perlu diingat, penggunaannya harus senatural mungkin. Jika tidak, Google akan memberi penalti dikarenakan keyword stuffing.
Title tag
Tulislah title tag atau judul halaman (page title) yang unik, menarik, dan beda dari yang lain. Dijamin website akan memanen lebih banyak klik. Traffic organik yang dihasilkan pun akan tinggi. Jangan lupa untuk sisipkan kata kunci di judul.
Header tag
Mudahkan pembaca dan web crawler dengan membagi segmen postingan menggunakan header. Tag ini nantinya membantu mesin pencari dalam menampilkan informasi yang sesuai dengan search intent.
Header sangat berguna bukan hanya untuk membuat konten terlihat lebih rapi, tapi juga memperbaiki performa di Google.
Image alt text
Jangan kira deskripsi gambar tidak punya peran yang signifikan. Fungsi SEO ini akan menjelaskan isi gambar dan membantu orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan.
Dengan alt text, screen reader akan menginformasikan mesin pencari bahwa gambar yang dipakai adalah bagian dari konten Anda. Pemakaian image alt text juga akan memberi peluang untuk nangkring di posisi atas pada hasil pencarian gambar Google.
Meta description
Letaknya tepat di bawah page title dan singkat, hanya terdiri atas beberapa karakter saja serta mengandung kata kunci. Meta description yang bagus akan memancing lebih banyak klik dan mengurangi bounce rate atau persentase pengunjung website yang langsung meninggalkan satu halaman setelah mereka membukanya. Apalagi, kalau informasinya sesuai dengan yang dicari pengguna internet.
2. Off-page SEO
Off-page SEO adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar website untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Aktivitas ini juga diperhitungkan Google sebagai indikator untuk mengetahui seberapa bagus website, bisnis, atau produk Anda di mata audiens.
Hasil penerapannya akan memperbaiki page authority dan juga ranking. SEO off-page mencakup:
Link building
Upaya ini untuk mendapatkan link dari website lain ke website Anda. Setiap link yang diarahkan akan menaikkan kredibilitas situs.
Namun, jangan asal bangun link. Perhatikan juga kualitas blog dan website yang diajak kerja sama karena akan mempengaruhi algoritma.
Social media marketing
Ada peran penting yang dimainkan media sosial untuk bisnis Buat akun dan bangun reputasi brand yang bagus di media sosial. Unggah postingan yang melibatkan netizen, misalnya bertanya soal warna favorit jika bisnis Anda seputar makeup atau pakaian.
Posting juga konten terbaru yang diterbitkan di website atau blog Anda. Dengan begini, banyak orang yang akan mampir dan Google akan melihat kredibilitas situs.
Influencer outreach
Jalinlah kerja sama dengan brand atau influencer terkenal. Metode pemasaran ini dipercaya bisa membawa pelanggan baru untuk bisnis Anda.
Forum
Peluang lain untuk menjalankan kampanye off-page adalah dengan bergabung di forum. Quora, Reddit, dan Stack Overflow adalah contoh forum di mana Anda bisa memulai topik dan berdiskusi dengan audiens. Mereka bisa tahu sampai mana kredibilitas Anda bisa dipertanggungjawabkan.
Selain itu, Anda juga bisa menyisipkan tautan untuk mendatangkan lebih banyak traffic organik.
3. Technical SEO
Technical SEO adalah upaya untuk mengoptimasi aspek-aspek teknis pada website agar sesuai dengan kriteria algoritma mesin pencari. Aspek tersebut meliputi optimasi kecepatan loading, mobile-friendly, dan arsitektur website.
Apabila aspek teknisnya teroptimasi dengan baik, website akan muncul di halaman teratas pencarian. Selain performa, technical SEO juga menjamin kenyamanan pengguna dalam menjelajahi website.
Selalu utamakan keamanan dan kecepatan loading agar Google dan pengunjung tidak berpaling dari website Anda. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui ketika melakukan optimasi:
Kecepatan loading
Website yang butuh waktu lama untuk terbuka akan mengakibatkan bounce rate yang tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu mengaktifkan cache website, mengkompres gambar, dan mengurangi jumlah halaman yang dialihkan.
Anda bisa menggunakan tool GTmetrix atau PageSpeed Insights untuk mencari tahu apa saja yang harus dioptimasi terkait kecepatan loading.
Schema markup
Tambahkan tag ini ke kode HTML untuk mempermudah mesin pencari dalam mengidentifikasi konten. Di samping itu, schema markup juga akan memperkuat tampilan snippet di hasil pencarian. Misalnya, penggunaan rating atau review.
Dengan penambahan tersebut, orang-orang akan tertarik untuk berkunjung. Hasilnya, click-through rate (CTR) website akan meningkat.
Internal link
Teknik ini menggunakan hyperlink untuk menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya di website yang sama. Dengan adanya internal link, crawler akan lebih mudah dalam melakukan pencarian dan pengindeksan.
Selain itu, page authority juga akan meningkat, navigasi jadi lebih gampang, dan pengunjung akan lebih lama menetap.
XML sitemap
Sederhananya, XML sitemap adalah kumpulan URL halaman website. Perannya sebagai roadmap atau peta untuk mempercepat crawler dalam menjangkau halaman-halaman yang penting.
Jika Anda pengguna WordPress, install plugin Yoast SEO untuk membangun XML sitemap. Cara lain untuk membuat XML sitemap yaitu dengan memakai tool gratis, seperti InSpyder atau Screaming Frog.
Accelerated Mobile Pages (AMP)
Framework ini menampilkan versi lite halaman website, sehingga lebih cepat terbuka di perangkat mobile. Jika AMP diaktifkan, Google akan memunculkan halaman melalui cache tertentu. Waktu loading-nya pun akan berkurang.
Sertifikat SSL
Website yang memasang sertifikat SSL akan memiliki HTTPS di awal URL-nya. Itu berarti perpindahan informasi antara website Anda dan browser pengunjung akan diamankan dan dienkripsi. Penggunaan SSL juga menjadi faktor yang dilihat Google.
4. Local SEO
Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di search result lokal. Anda bisa mempromosikan brand, produk, dan layanan pada komunitas atau masyarakat setempat.
Sebagai contoh, Anda mengetikkan ‘kopi enak Jakarta’ atau ‘beli makanan kucing terdekat’. Google akan mengidentifikasi lokasi usaha atau toko melalui alamat IP mereka dan menampilkan hasil pencarian yang Anda inginkan.
Tampilan pencarian berupa peta dan tiga top bisnis. Misalnya, untuk kata kunci “beli makanan kucing terdekat”. Google akan memunculkan tiga petshop terbaik beserta rating dan snippet lokasi di Google Maps.
Manfaat SEO
SEO memiliki banyak manfaat bagi bisnis, website, dan pengguna internet. Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO yang harus diketahui.
Meningkatkan Traffic
Salah satu manfaat menggunakan SEO dalam website adalah akan meningkatkan traffic pengunjung jauh lebih banyak pada halaman pertama. Tentu pengunjung akan banyak mengunjungi situs Anda jika Anda berhasil menerapkan teknik SEO ini dan tampil di halaman pertama pada mesin pencari.
User secara otomatis akan memilih website yang pertama kali dia lihat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat.
Memperkuat Kredibilitas Website
Website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian akan lebih dipercaya oleh pengguna, karena dianggap memiliki informasi yang relevan, bermanfaat, dan berkualitas. Selain itu, website yang menerapkan SEO juga akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari, karena memiliki struktur, konten, dan meta tag yang optimal.
Meningkatkan Kualitas User Experience
SEO tidak hanya berkaitan dengan kata kunci atau konten, tetapi juga dengan desain, kecepatan, responsivitas, dan navigasi website. Website yang ramah pengguna akan membuat pengunjung merasa nyaman, puas, dan betah berlama-lama di website tersebut.
Meningkatkan Brand Awareness
Bagi seorang pebisnis atau seorang marketer, SEO dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness yang tentu saja memberikan keuntungan yang berkali-kali lipat.
Penerapan SEO ini akan meningkatkan mesin pencari untuk menemukan website Anda dan hal hasil, jika website berada pada halaman pertama menyebabkan banyak orang baru yang tahu mengenai website Anda. Secara tidak sadar, itu akan menjadi promosi yang berpeluang mendatangkan pelanggan baru.
Memperoleh Data Perilaku Konsumen
Dengan SEO, website dapat melacak dan menganalisis data seperti kata kunci yang dicari pengguna, halaman yang dikunjungi pengguna, durasi kunjungan pengguna, tingkat konversi pengguna, dll.
Data ini dapat membantu bisnis atau website untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan masalah konsumen, serta menawarkan solusi yang tepat.
Cara Kerja SEO
Ada tiga tahapan yang dilakukan search engine untuk mengumpulkan, mengelola, dan menampilkan informasi. Berikut cara kerja SEO:
Crawling
Crawling adalah proses di mana mesin pencari seperti Google mengirimkan robot atau crawler untuk menjelajahi web dan menemukan halaman-halaman baru yang ada di internet. Robot ini akan mengunduh teks, gambar, video, dan informasi lainnya dari halaman-halaman tersebut dan menyimpannya di database mesin pencari
Indexing
Indexing adalah proses di mana mesin pencari menganalisis dan mengelompokkan informasi yang telah diunduh oleh robot dari halaman-halaman web. Mesin pencari akan membuat indeks atau daftar halaman-halaman web berdasarkan kata kunci, topik, relevansi, dan faktor lainnya. Indeks ini akan digunakan untuk menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan permintaan pengguna.
Ranking
Ranking adalah proses di mana mesin pencari menentukan urutan atau peringkat halaman-halaman web yang akan ditampilkan di halaman hasil pencarian (SERP) berdasarkan kueri atau kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.
Mesin pencari akan menggunakan algoritma atau rumus matematis yang kompleks untuk menghitung relevansi, kualitas, popularitas, dan faktor lainnya dari setiap halaman web. Halaman web yang memiliki skor tertinggi akan mendapatkan posisi teratas di SERP.
Sebagai praktisi digital, harus memahami bahwa website merupakan kebutuhan penting dalam pemasaran di era digital dan SEO adalah kuncinya. Dengan menentukan Jasa SEO yang tepat, tentu akan membanyu efektivitas dari digital campaign Anda,