2 Cara Mengecilkan Tabel di Word dengan Mudah dan Cepat
Cara mengecilkan tabel di word agar tidak terpotong bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Anda bisa menggunakannya melalui toolbar atau melakukan secara manual dengan menarik satu persatu baris dan kolom.
Microsoft word menyediakan banyak fitur secara lengkap seperti menambah atau menghapus beberapa baris dan kolom yang sudah dibuat. Tujuan mengecilkan tabel di Microsoft Word yaitu merapikan dokumen agar tidak terpotong saat diprint.
Cara Mengecilkan Tabel di Word agar Tidak Terpotong
Program Microsoft Word telah dibekali dengan beragam fitur canggih yang akan memudahkan dalam mengerjakan beragam tugas. Seperti tugas yang berhubungan dengan pengolahan kata sehingga tampilan dokumen terlihat lebih rapi. Berikut cara mengecilkan tabel di word agar tidak terpotong:
1. Melalui Menu Tata Letak
Untuk mengecilkan tabel di Microsoft Word melalui menu tata letak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Buka dokumen Word yang mengandung tabel untuk dikecilkan.
- Blok (pilih) seluruh tabel yang ingin diubah ukurannya.
- Pergi ke tab “Tata Letak” pada menu utama word.
- Di grup "Sel & Tabel", temukan dan klik pada opsi "Ukuran Sel". Mungkin Anda perlu mengklik panah kecil di sudut kanan bawah grup untuk melihat opsi ini.
- Pilih "AutoFit" dari menu yang muncul. Kemudian, pilih "AutoFit Konten" untuk menyesuaikan ukuran sel dengan kontennya atau "AutoFit Lebar Kolom" untuk menyesuaikan lebar kolom secara otomatis.
- Jika perlu, sesuaikan ukuran sel atau lebar kolom secara manual dengan menggeser batas-batas kolom atau baris.
- Selesai! Tabel sekarang seharusnya sudah mengecil sesuai dengan preferensi.
2. Cara Mengecilkan Tabel di Word agar Tidak Terpotong Secara Manual
Selain bisa menggunakan menu otomatis seperti di atas, Anda juga bisa melakukannya secara manual. Ini butuh sedikt waktu namun hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan cara mengecilkan tabel di word pertama. Berikut langkah-langkahnya:
- Buka dokumen tabel yang akan dikecilkan ukurannya
- Arahkan kursor ke kolom atau garis hingga muncul tanda panah 4.
- Tarik ke kanan atau kiri sesuai keinginan.
- Tarik baris dan tabel dengan cara menggeser kursor tersebut
- Sesuaikan dengan keinginan
Cara Memindahkan Tabel dari Excel ke Word
Berikut merupakan cara memindahkan tabel dari Excel ke Word dengan tata letak yang rapi. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
- Buka file Excel yang berisi tabel untuk dipindahkan ke Word.
- Setelah file terbuka, blokir atau pilih seluruh tabel yang akan dipindahkan.
- Setelah diblok, klik pada opsi "Borders" yang biasanya terletak tepat di bawah jenis huruf pada toolbar.
- Setelah opsi "Borders" terbuka, pilih "All Borders" dari menu yang muncul.
- Blokir kembali tabel yang ingin dipindahkan lalu salin atau copy tabel tersebut.
- Ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, klik kanan mouse di atas tabel lalu pilih "Copy" atau gunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Ctrl + C.
- Selanjutnya, buka dokumen Word pada lembar kerja tempat Anda ingin menempatkan tabel tersebut. Tempel atau paste tabel di halaman tersebut.
- Untuk menempel tabel, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, klik kanan pada mouse, pilih "Paste Options," dan klik ikon di sebelah kiri atau gunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Ctrl + V.
- Hasilnya, tabel yang awalnya ada di Excel sekarang sudah terpindah dengan rapi ke dalam dokumen Word Anda.
Cara Membuat Tabel di Word dengan Mudah
Berikut cara membuat tabel di word dengan mudah:
1. Cara membuat tabel di Microsoft Word melalui menu Insert
- Buka tab Insert lalu pilih Tabel.
- Akan muncul kolom dan baris, pilih jumlah yang diinginkan.
- Setelah memilih, tabel akan otomatis muncul di halaman Word.
2. Cara membuat tabel melalui Draw Tabel
- Klik tab Insert, pilih Tabel.
- Pilih Draw Tabel lalu gunakan mouse untuk membuat tabel sesuai keinginan.
3. Cara menambah kolom atau baris pada Microsoft Word
- Klik kanan pada sel, pilih Insert.
- Pilih opsi Insert yang diinginkan seperti Insert Columns to the Left atau Insert Rows Above.
4. Cara mewarnai tabel di Microsoft Word dengan Toolbar
- Blok bagian tabel yang ingin diwarnai.
- Pilih menu Design lalu tanda panah Shading.
- Pilih warna yang diinginkan.
5. Cara membuat tabel di Microsoft Word di HP
- Buka dokumen Word di HP.
- Ketuk tempat yang ingin ditambahkan tabel, pilih Sisipkan > Tabel.
- Alternatifnya, ketuk tempat lalu pilih Beranda > Sisipkan > Tabel.
6. Cara menghapus garis di Microsoft Word
- Klik bagian tabel lalu hapus garisnya.
- Pilih menu Design, tanda panah pada Borders.
- Pilih jenis garis yang ingin dihapus.
7. Cara merapikan tabel di Microsoft Word
- Klik kanan pada tabel, pilih Tabel Properties dari Context Menu.
- Pilih tata letak Left, Center atau Right untuk merapikan isi tabel.
Demikian 2 cara mengecilkan tabel di word agar tidak terpotong dan cara membuat atau memindahkan tabelnya. Dengan beberapa langkah di atas, Anda bisa memastikan tampilan yang estetis dan rapi sesuai dengan kebutuhan pengguna.