Cara Membuat Daftar Pustaka Makalah Secara Manual dan Otomatis di Word

Anggi Mardiana
5 Februari 2024, 20:52
Cara Membuat Daftar Pustaka Makalah
Pexels
Cara Membuat Daftar Pustaka Makalah
Button AI Summarize

Cara membuat daftar pustaka makalah sebenarnya tidak begitu sulit. Penulis diwajibkan mencantumkan referensi yang digunakan dalam daftar pustaka, termasuk buku, jurnal, makalah atau sumber lainnya.

Daftar referensi atau yang sering disebut daftar pustaka memegang peran krusial dalam karya tulis ilmiah khususnya. Daftar pustaka merupakan kumpulan semua referensi yang digunakan dalam penyusunan suatu karya ilmiah atau tulisan.

Fungsinya untuk menunjukkan bahwa tulisan tersebut didukung oleh berbagai sumber dan referensi dari berbagai penulis yang bertujuan untuk memperkuat argumen dan gagasan yang disampaikan.

Cara Membuat Daftar Pustaka Makalah Secara Manual

Contoh Daftar Isi Makalah
Contoh Membuat Daftar Pustaka Makalah (Pexels)

Secara umum, cara membuat daftar pustaka makalah disusun menggunakan urutan berikut:

1. Nama Penulis

Nama penulis ditulis dengan memulai dari nama belakang, diikuti tanda koma dan nama depan atau tengah (jika ada).

2. Tahun Terbit

Setelah nama penulis, tahun terbit tulisan disertakan. Informasi ini dapat ditemukan di halaman awal buku atau di header artikel jurnal.

3. Judul Tulisan

Judul tulisan dicantumkan secara lengkap sesuai dengan yang tertera pada sumber, baik itu buku, artikel jurnal, makalah atau sumber lainnya.

4. Nama Penerbit (jika buku) atau Nama Jurnal (jika artikel)

Untuk buku, nama penerbit dicantumkan setelah judul. Informasi ini dapat ditemukan di sampul depan, belakang buku atau halaman yang menyertakan informasi penerbit. Jika sumbernya artikel jurnal, cantumkan nama jurnal yang memuat artikel tersebut.

5. Tempat Terbit atau Keterangan Penerbitan (jika buku) atau Nomor dan Volume (jika artikel)

Untuk buku, cantumkan tempat terbit setelah nama penerbit. Informasi ini umumnya dapat ditemukan di halaman yang sama dengan tahun terbit buku. Jika sumbernya artikel jurnal, berikan keterangan berupa nomor dan volume tulisan yang biasanya terdapat di bagian header artikel.

Cara Membuat Daftar Pustaka Makalah Secara Otomatis di Word

Untuk mempercepat proses penulisan daftar pustaka, Anda bisa menggunakan fitur otomatis di Microsoft Word. Berikut cara membuat daftar pustaka makalah secara otomatis di Ms Word:

1. Buka Dokumen Microsoft Word

Langkah pertama ialah membuka dokumen Microsoft Word yang akan diberi daftar pustaka.

2. Menu "Referensi"

Setelah membuka dokumen, pilih menu "Referensi" di bagian atas layar.

3. Pilih Gaya Kutipan "APA"

Dalam menu "Referensi", pilih opsi "APA" pada bagian "Style".

4. Insert Citation dan Tambahkan Sumber Baru

Pada bagian "Citations & Bibliography", pilih "Insert Citation" dan klik "Add New Source". Isilah kolom yang muncul dengan informasi sumber.

5. Isi Kolom

Lakukan pengisian pada setiap kolom yang ada lalu klik "OK".

6. Pilih Opsi Sesuai Jenis Sumber yang Digunakan

Langkah terakhir pada bagian "Type of Source", pilih opsi yang sesuai dengan jenis sumber yang digunakan seperti Book, Book Section, Journal Article, Article in a Periodical, Conference Proceeding atau Report.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement