3 Pilihan Wisata Alam Solo di Tengah Kota

Image title
14 Maret 2022, 12:29
Ilustrasi, wisata alam Solo. Pengunjung didampingi petugas memberikan makan dan memandikan gajah koleksi Solo Zoo atau Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).
ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc.
Ilustrasi, wisata alam Solo. Pengunjung didampingi petugas memberikan makan dan memandikan gajah koleksi Solo Zoo atau Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh turis, baik domestik atau mancanegara di Jawa Tengah, adalah Kota Surakarta. Sebagai wilayah yang kaya akan sejarah dan magis, area ini juga dikenal dengan Kota Solo dan menjadi salah satu pusat destinasi wisata bagi masyarakat. Kota yang memiliki luas 44 km2 ini sering menjadi pilihan bagi para wisatawan karena kaya akan tempat wisata alam dan budaya. Terutama yang berkaitan dengan Kasunanan Surakarta.

Kota administrasi yang pernah dipimpin oleh Presiden Joko Widodo ini secara geografis berada di wilayah strategis, karena berbatasan langsung dengan empat kabupaten. Empat wilayah yang berbatasan dengan Solo antara lain, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah Utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah Timur dan Barat, serta Kabupaten Sukoharjo di sebelah Selatan.

Advertisement

Karena lokasinya yang strategis, Solo menjadi episentrum bagi berbagai kalangan untuk berkumpul, atau bahkan sekedar mengopi bersama. Selain warung kopi atau angkringan lesehan yang menjadi sasaran para warga untuk mencari hiburan. Solo menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Solo sendiri sejatinya merupakan area perkotaan sehingga tidak memiliki area alam. Sehingga warganya harus keluar kota seperti ke Sukoharjo, Karanganyar dan Boyolali untuk bisa menikmati wisata alam. Namun, jangan khawatir karena kota yang dipimpin oleh Gibran Rakabuming Raka ini memiliki beberapa area alam meski dalam suatu kawasan. Misalnya, Taman Balekambang, di mana pengunjung bisa melihat rusa dan beberapa jenis hewan lainnya.

Berikut ini 3 pilihan wisata alam Solo yang ada di tengah kota, yang dapat anda pertimbangkan kala berkunjung.

1. Taman Balekambang

Berkunjung di wisata Taman Balekambang, Anda akan menemukan berbagai macam fasilitas. Ada beberapa kendaraan yang bisa Anda sewa untuk berkeliling wilayah taman bersama keluarga. Misalnya, mobil-mobil dengan kapasitas empat orang, perahu kayuh, dan kereta kuda. Berbagai fasilitas ini disediakan agar pengunjung dapat menikmati keindahan taman dengan berbagai cara.

Selain aneka kendaraan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, ada juga area hotspot diakses. Meskipun taman ini dipenuhi banyak pohon-pohon tinggi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan sinyal saat masuk di dalamnya.

Pasalnya, Pemerintah Kota Surakarta telah memasang dua tower untuk memaksimalkan koneksi internet. Di taman ini juga terdapat hotspot area, di mana koneksi nirkabel yang disediakan dapat digunakan secara gratis oleh para pengunjung.

Untuk memasuki area wisata ini dimulai dari pagi hari pukul 07.00 WIB sampai sore hari pukul 17.00 WIB. Untuk masuk ke area wisata alam Solo yang satu ini, pengunjung tidak dikenai biaya. Namun, untuk dapat menikmati beberapa wahana yang ada di dalamnya, pengunjung harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Lokasi Taman Balekambang juga mudah untuk ditemukan, yaitu berlokasi di Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Kota Surakarta. Untuk mengaksesnya, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, atau bisa juga menggunakan transportasi umum. Menuju Taman Balekambang Anda bisa menggunakan bus jurusan Terminal Tirtonadi. Dari terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan becak.

2. Keraton Surakarta

Salah satu ikon Kota Solo yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi adalah Keraton Surakarta. Area ini menjadi salah satu tonggak sejarah berdirinya Kota Solo dan masuk dalam referensi pelajaran saat di bangku sekolah.

Di keraton ini ada berbagai wahana wisata sejarah seperti tour keliling istana atau ke dalam museum. Selain itu, setiap tahun secara rutin diadakan acara adat seperti saat Malam Satu Suro, yang mengundang banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar Kota Solo.

Saat sesi keliling istana Anda akan ditemani oleh abdi dalem, yang akan dengan setia memberikan penjelasan mengenai sejarah keraton. Anda juga dapat aktif berdiskusi sehingga bisa menambah wawasan keilmuan.

Meski merupakan kompleks istana, Keraton Surakarta dikelilingi pepohonan dan area alam yang bisa Anda sambangi sebagai alternatif wisata alam Solo yang berada dalam kota.

3. Alun-alun Kidul Surakarta

Alun-alun Kidul yang berarti alun-alun di bagian selatan, menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang patut dikunjungi. Lokasinya terletak di di Pasar Kliwon, Jl. Gading, Gajahan, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Taman ini sangat populer dengan berbagai kedai makanan, dan wahana karnaval yang tersedia. Selain itu, dalam kawasan ini pengunjung juga disuguhi pemandangan kawanan kerbau yang dikeramatkan.

Apabila beruntung, Anda bisa bertemu langsung dengan Kebo Bule yang dilepas merumput di area alun-alun. Di tengah para kerbau yang sedang dilepas, Anda juga bisa memberi pakan. Bahkan ada beberapa kalangan yang meyakini bahwa Kebo Bule memiliki keberkahan tersendiri dan bisa diambil manfaatnya dari bekas pakan hingga kotoran yang terbuang sembarangan.

4. Taman Satwa Taru Juru

Taman Satwa Taru Jurug Surakarta ( TSTJ ) merupakan pindahan Kebun Binatang Sriwedari yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Rojo, yang didirikan Sri Susuhunan Paku Buwono X pada 20 Dal 1381 atau 17 Juli 1901 dan merupakan kebun binatang tertua. Pada awalnya merupakan tempat hiburan bagi keluarga Raja, yang berisi koleksi satwa, yang akhirnya berkembang sebagai tempat rekreasi untuk masyarakat. Area ini bisa menjadi alternatif wisata alam Solo, di mana pengunjung dapat melihat aneka ragam fauna dengan segala perawatan yang memadai sehingga bisa dinikmati untuk melihat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement