Tak Perlu Antigen, Penumpang Kereta Api Naik 123% di Nataru 2022/2023

Lona Olavia
9 Januari 2023, 20:24
Tak Perlu Antigen, Pengguna Kereta Api Naik 123% di Nataru 2022/2023
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/aww.
Petugas melakukan perawatan lokomotif kereta api di Depo Lokomotif Medan, Sumatera Utara, Selasa (27/12/2022). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara melakukan perawatan dan pengecekan rutin pada lokomotif dan gerbong kereta api untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang yang hendak melakukan perjalanan mudik tahun baru.

PT Kereta Api Indonesia resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2023 yang telah berlangsung selama 18 hari sejak 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. Selama masa Nataru tersebut, KAI melayani total 4,40 juta pelanggan KA atau rata-rata 244.849 pelanggan per hari. 

“Jumlah tersebut meningkat 123% dibanding periode Nataru 2021/2022 dimana KAI melayani 1,98 juta pelanggan,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi, Senin (9/1).

Advertisement

Pada Nataru 2022/2023, KAI melayani 2,32 juta pelanggan KA Jarak Jauh dan 2,08 juta pelanggan KA Lokal. Jumlah pelanggan tersebut melebihi 10% dari target yakni 4 juta pelanggan. Adapun jika dibandingkan dengan tempat duduk yang disediakan sebanyak 5,38 juta tempat duduk, okupansi Nataru 2022/2023 cukup baik dengan mencapai 82%.

Kenaikan ini, kata Didiek dipengaruhi oleh peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode Nataru. Total perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dioperasikan adalah sebanyak 8.871 perjalanan KA atau rata-rata 492 perjalanan KA per hari, naik 31% dibanding jumlah perjalanan KA pada periode Nataru 2021/2022 sebanyak 6.757 perjalanan KA atau rata-rata 375 perjalanan KA per hari.

Di samping itu, melonjaknya volume pelanggan di masa Angkutan Nataru 2022/2023 dibanding periode Nataru 2021/2022 juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang semakin membaik. 

“Pada Nataru tahun ini, pelanggan tidak lagi diwajibkan melakukan PCR atau antigen untuk naik kereta api seperti di tahun sebelumnya,” ujarnya.

Nataru ini, tambahnya juga secara umum berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali dengan zero accident.

Didiek melanjutkan, sempat terjadi beberapa hambatan yang ditimbulkan karena kondisi cuaca ekstrem di beberapa daerah. Namun hal tersebut sudah KAI antisipasi sehingga penanganan operasional dan pelayananan kepada pelanggan dapat dilaksanakan dengan baik. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement