Diikuti 78.017 Pemudik, Erick Thohir Lepas Peserta Mudik Gratis BUMN

 Zahwa Madjid
18 April 2023, 14:25
Sejumlah pemudik berjalan menuju bus saat mudik gratis bersama BUMN di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Kegiatan mudik bareng bertema "Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023" tersebut merupak
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Sejumlah pemudik berjalan menuju bus saat mudik gratis bersama BUMN di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Kegiatan mudik bareng bertema "Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023" tersebut merupakan program dari Kementerian BUMN.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengadakan program mudik gratis BUMN 2023 bertajuk "Mudik Dinanti, Mudik di Hati”. Program ini melibatkan peserta sebanyak 78.017 yang terdiri atas 57.587 via transportasi bus, 16.590 via kereta api dan 3.840 menggunakan moda kapal laut.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, program mudik gratis bersama BUMN 2023 adalah wujud hadirnya pemerintah untuk melayani masyarakat.

Advertisement

Erick juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenhub dan Korlantas Polri dalam pelepasan bus mudik bersama BUMN 2023 di Area Plaza Barat, Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Selasa (18/4).

"Poinnya hari ini pemerintah hadir lagi saat masyarakat mudik. Pemerintah mendorong kementerian dan BUMN agar ada mudik gratis. Artinya pemerintah kembali hadir," ujar Erick.

Erick mengatakan, pemerintah pusat dan daerah saat ini tengah menekan inflasi. Salah satunya dengan anggaran 2% dana tidak terduga diperbolehkan untuk digunakan sebagai subsidi transportasi untuk bahan pokok. 

"Saya menekankan fungsi BUMN tentu sebagai korporasi harus sehat sehingga bisa memberikan kontribusi kepada negara, kalau tidak sehat tidak akan punya program pro rakyat. Selain menjadi benteng ekonomi, program pro rakyat terus kita dorong, salah satunya di mudik gratis bersama BUMN," kata Erick.

Turut hadir melepas rombongan bus di acara pelepasan Mudik Gratis BUMN 2023 itu antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wamen 1 BUMN Pahala Mansyuri dan Kakorlantas Polri.

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement