PAN Dorong Reshuffle Usai Johnny G Plate Ditetapkan Tersangka Korupsi

Ade Rosman
17 Mei 2023, 20:15
PAN Dorong Reshuffle Usai Johnny G Plate Ditetapkan Tersangka Korupsi
Mohd Haniff/123rf

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan, penetapan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sebagai tersangka dalam kasus korupsi dapat menjadi alasan yang kuat Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet atau reshuffle.

Eddy mengatakan, permasalahan hukum yang menjerat Johnny kini bisa menjadi suatu alasan yang kuat bagi Jokowi untuk melakukan perombakan.  

“Kalau dasarnya adalah masalah hukum itu kan merupakan justifikasi yang kuat untuk melakukan reshuffle,” kata Eddy kepada Katadata.co.id, Rabu (17/5).

Eddy mengatakan, reshuffle dalam kondisi seperti sekarang tidak berkaitan dengan berbedanya pilihan terkait pengusungan bakal calon yang akan diajukan dalam Pilpres 2024.

“Jangan sampai juga nanti pemerintah dianggap itu merasa harus dilakukan reshuffle ketika ada anggota koalisi yang tidak sejalan dengan pemerintah terkait pilihan Pilpres,” katanya.

Meski demikian, Eddy tak menanggapi lebih jauh jika nantinya terjadi perombakan dalam Kabinet Indonesia Maju akan diisi oleh sosok dari partai yang sama atau tidak. Menurutnya, keputusan tersebut berada di tangan Jokowi sebagai presiden.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan menerima keputusan jika sekretaris jenderal partainya itu didepak dari jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Surya mengatakan, Partai NasDem tidak akan menyerahkan nama baru pengganti Johnny jika nantinya hal tersebut benar terjadi.

"Kami terima. Kami konsisten menyampaikan reshuffle itu hak prerogatif presiden. Tidak ada yang lebih bodoh dari Partai Nasdem untuk mengajukan nama baru tanpa diminta presiden," kata Surya di Nasdem Tower, Rabu (17/5).

Reporter: Ade Rosman
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...