Erick Thohir Ajak Musisi dan Seniman Gelar Pertunjukan di Lokananta

Lona Olavia
4 Juni 2023, 13:32
Erick Thohir Ajak Musisi dan Seniman Gelar Pertunjukan di Lokananta
Dokumentasi Kementerian BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir mengajak para musisi dan seniman lintas generasi untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Lokananta. Lokananta yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah akan dijadikan Kementerian BUMN sebagai sentra kreativitas bagi para musisi, seniman, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Lokananta dapat menjadi penyambung antar generasi, dari para musisi senior, hingga para musisi muda yang potensial untuk dikembangkan bakatnya. Gunakan untuk berkolaborasi dan berkarya, sehingga Lokananta dapat memberikan dampak sosial, ekonomi, dan pelestarian budaya Indonesia,” ujar Erick dalam keterangan resmi dikutip Minggu (4/6).

Lokananta adalah perusahaan rekaman pertama dan terbesar di Indonesia yang didirikan oleh R Maladi pada 1956. Sebagai “titik nol” musik Indonesia, Lokananta sempat mengalami kejayaan di tahun 1970 hingga 1980-an dengan mengorbitkan sejumlah legenda musik Indonesia, seperti Gesang, Waldjinah, Bing Slamet, Titiek Puspa, dan Sam Saimun.

Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, Lokananta sempat tertinggal sampai vakum dan terbengkalai pada era 1990-an.

“Saya mengunjungi Lokananta tahun lalu dan sangat prihatin dengan kondisi Lokananta. Padahal nilai historis dan kekayaan intelektual di Lokananta sangat potensial untuk diberdayakan. Melalui program optimalisasi aset-aset yang ada di BUMN, Lokananta kita revitalisasi agar dapat memberikan manfaat dan dampak bagi masyarakat,” ujar Erick Thohir.

Lalu pada tahun 2022, Kementerian BUMN melalui PT Danereksa dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) melakukan revitalisasi Lokananta yang memiliki luas 2,1 hektare. Pembangunan fisik Lokananta dimulai pada November 2022 yang ditandai dengan perhelatan Lokananta Reload pada 27 November 2022. Adapun revitalisasi tersebut sudah dapat diselesaikan dalam waktu enam bulan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...