Bonus Waran, Ini Rincian Penggunaan Dana IPO Elitery (ELIT)

 Zahwa Madjid
22 Desember 2022, 14:03
Bonus Waran, Ini Rincian Penggunaan Dana IPO Elitery (ELIT)
Katadata
Ilustrasi teknologi cloud

PT Data Sinergitama Jaya atau Elitery siap melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham dengan 500 juta saham baru atau sekitar 24,61% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Adapun, harga penawaran sebesar Rp 120-150 setiap saham. Dengan demikian, dana yang akan diraup perusahaan tersebut sebanyak-banyaknya Rp 75 miliar.

Mengutip prospektus perseroan, Kamis (22/12) seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, akan digunakan sekitar 14,29% untuk pembelian server yang dibeli dari pihak tidak terafiliasi dengan harga sekitar Rp10 miliar. Ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari jasa dan produk perseroan. Transaksi ini tergolong dalam belanja modal (capital expenditure/capex).

Sisanya, sekitar 85,71% akan digunakan untuk modal kerja seperti pembiayaan proyek baru perseroan, research & development, perekrutan dan pelatihan tenaga profesional, biaya operasional, serta pemasaran dan promosi dimana modal kerja tersebut tergolong dalam operating expenditure (OPEX).

Sedangkan dana yang diperoleh dari pelaksanaan waran seri I akan digunakan untuk modal kerja perseroan. Yaitu, untuk pemasaran, gaji dan biaya operasional.

Emiten yang bersandi ELIT ini, untuk diketahui secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 250 juta waran Seri I yang menyertai saham baru atau sebanyak-banyaknya 16,32% dari total jumlah saham.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan. 

Setiap pemegang dua saham baru perseroan berhak memperoleh satu waran seri I dengan setiap satu waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. 

Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama satu tahun. Waran seri I adalah efek yang diterbitkan oleh perseroan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk memesan saham biasa atas nama perseroan yang bernilai nominal Rp 25.

Sebagai informasi, Elitery didirikan pada tanggal 20 Juni 2011. Elitery adalah perusahaan penyedia layanan (managed service) di bidang teknologi informasi, khususnya teknologi pusat data virtual yang disebut dengan cloud.

Peran utama Elitery dalam penerapan teknologi cloud adalah membantu pelanggan dalam merencanakan, memigrasikan dan mengoperasikan sistem yang mereka miliki di cloud. Tidak hanya itu, Elitery juga membangun solusi-solusi menggunakan teknologi cloud, antara lain solusi disaster recovery as a service (DraaS), chatbot dan IoT yang memiliki kemampuan AI dan machine learning.

Berikut jadwal sementara IPO Data Sinergitama Jaya:

  • Masa Penawaran awal (Bookbuilding)  : 16 Desember 2022 – 22 Desember 2022
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 28 Desember 2022
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 30 Desember 2022 – 4 Januari 2023
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan : 4 Januari 2023
  • Perkiraan Tanggal Ditribusi Saham Secara Elektronik : 5 Januari 2023
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 6 Januari 2023
  • Perkiraan Masa Perdagangan Waran Seri I – Pasar Reguler dan Negosiasi : 6 Januari 2023 – 2 Januari 2024
  • Masa Perdagangan Waran Seri I – Pasar Tunai : 6 Januari 2023 – 4 Januari 2024
  • Periode Pelaksanaan Waran Seri I : 6 Juli 2023 – 5 Januari 2024
  • Akhir Masa Berlakunya Waran Seri I : 5 Januari 2024

 

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait