GPF Terus Lepas Saham, 3 Investor Kakap Ini Setia Pegang GOTO

Lona Olavia
19 Januari 2023, 11:38
GPF Terus Lepas Saham, 3 Investor Kakap Ini Setia Pegang GOTO
Dokumentasi GOTO
GOTO melepas sebanyak 46,7 miliar saham atau setara 3,43% saham dan meraih dana IPO senilai Rp 15,8 triliun.

Goto Peopleverse Fund (GPF) terus mengalihkan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kepada karyawannya. Terbaru, GPF mendistribusikan sebanyak 422,84 juta saham pada 17 Januari 2023.

Transaksi itu, dibantu kembali oleh CGS-CIMB Sekuritas Indonesia dan Stockbit Sekuritas Digital. 

Dengan pelaksanaan transaksi itu, saham GPF berkurang menjadi 84,15 miliar saham atau setara dengan porsi 7,11%. Terdilusi 0,03% dari sebelum transaksi dengan donasi sebanyak 84,57 miliar saham atau setara dengan 7,14% pada 16 Januari 2023.

Sedangkan pemegang saham di atas 5% lainnya seperti SVF GT Subco (Singapura) PTE LTD, Citibank Singapura S/A Government of Singapore, Taobao China Holding Limited kepemilikan sahamnya masih sama. Masing-masing memiliki kepemilikan saham sebesar 8,71%, 5,81%, dan 8,84%. Demikian data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 19 Januari 2023.

Sebagai informasi, beberapa investor strategis global terpantau mengakumulasi saham GOTO saat harganya tengah dilanda koreksi tajam pada awal Desember 2022. Salah satu investor strategis yang paling mencolok dan menyita perhatian pelaku pasar adalah Pemerintah Singapura yang diwakili Citibank Singapore.

Berdasarkan informasi kepemilikan saham 5% yang dirilis otoritas per 2 Desember 2022, muncul nama Citibank Singapore sebagai pemegang 68,7 miliar saham GOTO atau setara dengan 5,8%. Padahal sehari sebelumnya mereka belum tercatat memiliki saham GOTO di atas 5%. Ini menunjukkan terjadinya pengumpulan saham GOTO oleh investor strategis tersebut.

Jauh sebelum Citibank Singapore tercatat memegang saham GOTO dengan kepemilikan di atas 5%, ada nama-nama fund manager asing yang juga melakukan manuver serupa di tahun lalu.

Saham perusahaan penyedia jasa ride-haling dan e-commerce tersebut juga tercatat dimiliki oleh perusahaan pemilik raksasa e-commerce Alibaba Group Holding Limited, yakni Taobao China Holding Limited.

Sedangkan GoTo Peopleverse Fund merupakan sebuah lembaga yang mengelola dan mengadministrasi Program Rencana Insentif Jangka Panjang. GPF berdomisili di Kantor Vistra, West Bay Road, Grand Cayman, Kepulauan Cayman, Amerika Serikat. 

Pada perdagangan Kamis (19/1) saham GOTO pada sesi I ditutup naik 0,88% ke posisi Rp 115 per saham. Sedangkan, Rabu (18/1) saham GOTO ditutup flat di Rp  114 dengan rentang harga di Rp 111-115 per saham.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait