Peneliti Indra dan Carina Siap Bantu Pengembangan Vaksin di Indonesia

Image title
Oleh Maesaroh
4 Agustus 2021, 14:09
Indra Rudiansyah dan Carina Citra Dewi Joe, peneliti vaksin di Unviersitas Oxford, Inggris.
Katadata/Joshua Siringo Ringo
Indra Rudiansyah dan Carina Citra Dewi Joe, peneliti vaksin di Unviersitas Oxford, Inggris.

Nama peneliti Indra Rudiansyah dan Carina Citra Dewi Joe menjadi bahan pembicaraan setelah  keterlibatan mereka dalam pembuatan vaksin virus corona Oxford/AstraZeneca diketahui publik.  Kedua peneliti tersebut mengaku sangat bersedia jika dimintai bantuan untuk pengembangan vaksin nasional Merah Putih.

Indra merupakan kandidat doktor alias PhD dan peneliti Jenner Institute di Universitas Oxford, Inggris. Sedangkan Carina adalah peneliti pengembangan vaksin pada lembaga dan unversitas yang sama.

Namun, baik Indra dan Carina mengingatkan pengembangan vaksin tidak bisa dilakukan satu orang. Dibutuhkan ketekunan ratusan orang agar pengembangan vaksin berjalan sesuai rencana dari awal penelitian hingga proses produksi.

 "Pembentukan dan produksi vaksin tidak bisa berjalan sendiri. Bukan one man standing. Banyak orang di berbagai bidang terlibat. Kalau soal membantu, saya dan Carina akan happy melakukannya. Cuma, sekali lagi, perlu diingat proses pengembangan vaksin tidak hanya (bergantung) satu orang," tutur Indra saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, Jumat (30/7).

Indra menuturkan bantuan yang dia dan Carina berikan tidak harus dalam wujud hadir secara fisik di tanah air karena mereka tetap bisa membantu dari jarak jauh.

"Kami dari sini juga dapat membantu menjelaskan tahapan mana yang kritis dan harus dilalui," tutur pria yang kini tinggal di Inggris tersebut.

Seperti halnya Indra, Carina juga menuturkan bahwa proses pengembangan vaksin harus dilakukan banyak orang dan berjalan secara terus menerus.

"Tidak hanya satu orang, tapi juga perlu waktu yang lama, bertahun-tahun. Perlu usaha yang terus-menerus. Risetnya bukan hanya satu dan dua bulan saja,"tuturnya saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, Jumat (30/7).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...