Korea Selatan Siap Hidup Berdampingan dengan Covid-19 pada Oktober

Cahya Puteri Abdi Rabbi
9 September 2021, 08:03
Covid-19, Korea Selatan
ANTARA FOTO/REUTERS/Jung Yeon-je/Pool /hp/cf
Seorang tenaga medis menerima dosis kedua vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech di sebuah pusat vaksinasi di Seoul, Korea Selatan, Sabtu (20/3/2021).

Korea Selatan tengah menyusun rencana untuk hidup normal berdampingan dengan Covid-19 pada akhir Oktober mendatang. Pada saat itu,  80% penduduk usia dewasa diperkirakan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

Korea Selatan memang masih menghadapi gelombang terburuk akibat Covid-19, namun peningkatan kasus dapat segera dikendalikan dengan terus menggencarkan vaksinasi.

Pada hari Selasa (7/9), Korea Selatan telah memberikan setidaknya satu dosis vaksin kepada 70,9% dari populasi orang dewasanya, sementara 42,6% sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap.

"Kami akan meninjau langkah-langkah yang memungkinkan untuk hidup lebih normal, tetapi perubahan seperti itu hanya diterapkan ketika mencapai tingkat vaksinasi yang tinggi dan situasi (Covid-19) secara keseluruhan stabil," kata pejabat senior Kementerian Kesehatan Korea Selatan Son Young-rae, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (9/9).

Strategi hidup berdampingan dengan Covid-19 akan diterapkan dengan mengurangi pembatasan secara bertahap. Namun, masker masih akan diwajibkan setidaknya pada tahap awal pelaksanaan kebijakan itu.

Adapun, pembatasan yang saat ini berlaku di antaranya, jam operasional bagi kafe dan restoran serta hanya mengizinkan beberapa orang untuk menghadiri pertemuan sosial.

Korea Selatan juga sudah memperpanjang kebijakan social distancing yang diberlalukan secara nasional pada pekan ini. Pasalnya, mereka tengah menggiatkan program vaksinasi menjelang perayaan liburan thanksgiving  yang jatuh pada akhir bulan ini. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...