Duterte Akan Maju Sebagai Cawapres Filipina, Demi Lanjutkan Kekuasaan?

Image title
Oleh Maesaroh
9 September 2021, 08:55
Duterte, Filipina
ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Court/Pool
Presiden Filipina Rodrigo Duterte tiba untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito di Tokyo, Jepang, Selasa (22/10/2019)

Presiden inkumben Filipina Rodrigo Duterte menerima pencalonan dari partainya, Partai PDP-Laban, untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan umum tahun depan. Banyak pihak yang menuding pencalonan Duterte sebagai upayanya untuk melanggengkan kekuasaan.

Filipina akan menggelar pemilu pada Mei tahun depan. Konstitusi negara tersebut melarang seseorang untuk mencalonkan diri sebagai capres untuk kedua kalinya.

Menyusul pencalonan Duterte sebagai cawapres, sejumlah spekulasi pun langsung beredar. Banyak pihak yang menilai langkah Duterte sebagai upayanya untuk terus dekat dengan kekuasaan.

Bila nantinya terpilih, politikus berusia 76 tahun tersebut juga bisa melanjutkan ambisi besarnya dalam perang melawan bandar narkoba.

 Dalam pidatonya di konvensi Partai PDP-Laban, Rabu (8/9), Duterte mengatakan pencalonannya sebagai cawapres adalah bentuk kecintaannya pada negara. Namun, dia juga tidak membantah jika berambisi untuk melanjutkan misi-misinya sebagai presiden.

"Apakah ini sebuah ambisi?Bisa jadi. Apakah ini bentuk cinta saya kepada negara? Tentu saja. Apakah ini karena saya ingin melanjutkan usaha saya meskipun saya bukan lagi yang memberikan pengarahan? Saya mungkin membantu. Tetapi anda pasti tahu apa masalah utama negeri ini yakni: narkoba, terorisme, dan NPA," tutur Duterte, seperti dikutip dari Rappler.

NPA atau Tentara Rakyat Baru merupakan sayap bersenjata dari Partai Komunis Filipina (CPP) dan selama ini dianggap sebagai pemberontak.

Duterte diperkirakan akan memilih kandidat capres yang secara politik lemah untuk menemaninya dalam pemilihan capres-cawapres 2022. Politikus kelahiran Mindanao tersebut bisa menjadi presiden lagi jika pendampingnya mundur sebagai presiden di tengah jalan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...