Dihadiri 1.000 Perusahaan, Trade Expo Indonesia Bidik Transaksi Rp21 T

Image title
Oleh Maesaroh
27 September 2021, 16:28
industri halal
Kemenparekraf
Potensi industri halal sangat besar tetapi belum dimaksimalkan oleh pengusaha Indonesia.

Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 akan digelar secara virtual pada 21 Oktober hingga 4 November 2021 mendatang. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mentargetkan pameran tahunan tersebut bisa mendatangkan transaksi  sebesar US$1,5 miliar atau Rp 21,45 triliun.

Setidaknya akan ada 1.000 perusahaan serta 500.000 visitor dan  pembeli dari mancanegara yang terlibat dalam TEI ke-36. Sejumlah acara akan digelar sepanjang pameran mulai dari trade forum,  matching forum, bisnis konseling, hingga fashion week.

Advertisement

Dalam rangkaian TEI-36 ini , Indonesia juga akan mengundang menteri perdagangan dari negara sahabat seperti Singapura dan Filipina, serta World Bank.  Tahun lalu, TEI mampu mendulang transaksi sebesar US$1,3 miliar. Padahal, acara tersebut dilakukan secara virtual untuk pertama kalinya. 

Tahun ini, TEI ke-36 masih digelar secara virtua tetapi Kementerian Perdagangan sudah menyiapkan e-catalog untuk memudahkan pengunjung dan peserta bertransaksi atau melihat produk yang dipamerkan.

"Kami berharap penyelenggaraan TEI akan selalu menjadi agenda utama bagi seluruh buyer di mancanegara dalam mencari produk serta mitra bisnis yang tepat dan mampu berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan ekspor Indonesia, baik jangka pendek maupun jangka panjang," tutur Lutfi dalam acara 'Launching TEI : Talkshow' pada Senin (27/9).

 Kiblat Fashion Muslim Dunia
Lutfi mengatakan Indonesia secara khusus akan menjadikan TEI ke-36 sebagai ajang untuk memposisikan Indonesia sebagai  pusat industri halal dan kiblat industri fashion muslim dunia.
Melalui TEI, Indonesia akan mengadakan industri halal forum serta menggelar fashlion show busana muslim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement