Indonesia Makin Menarik Investor Eropa,Ini 10 Besar Negara Investornya

Image title
Oleh Maesaroh
30 September 2021, 12:46
Bahlil, investasi, Eropa
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjadi pembicara saat diskusi tentang investasi daerah yang digelar Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kalbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (27/5/2021). Kegiatan tersebut menyoroti strategi investasi untuk pembangunan daerah guna menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut Indonesia semakin menarik bagi investor Eropa. Hal itu terbukti dengan kenaikan investasi negara-negara Eropa sepanjang tahun ini.

Bahlil merujuk pada data realisasi BKPM baik pada kuartal I ataupun II tahun ini. Pada kuartal I, Swiss masuk dalam lima besar investor di Indonesia sementara Belanda merupakan investor ketiga terbesar pada kuartal II tahun 2021 setelah Singapura dan Hongkong.

Advertisement

"Tidak pernah ada sejarahnya Swiss masuk lima besar. Eropa sekarang mulai menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi alternatif yang masuk dalam skala prioritas," tutur Bahlil, dalam sebuah webinar, Rabu (28/9).

Berdasarkan data BKPM, ada lima negara yang masuk dalam 20 besar investor terbesar di Indonesia pada semester I tahun 2021. Mereka adalah Belada, Swiss, Jerman, Prancis, dan Inggris. Total investasinya mencapai US$2,60 miliar.

Pada semester I tahun 2019, juga terdapat lima negara Eropa yang masuk ke 20 besar investor terbesar di Indonesia. Namun, jumlah investasi mereka hanya US$1,06 miliar.

Belanda merupakan negara dengan lompatan investasi terbesar di Indonesia yakni dari US$738,5 juta pada semester I tahun 2019 menjadi US$1,29 miliar pada semester I tahun 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement