Indonesia Makin Menarik Investor Eropa,Ini 10 Besar Negara Investornya

Ada lima negara Eropa yang masuk dalam 20 besar investor terbesar di Indonesia pada semester I/2021 dengan investasi mencapai US$2,69 miliar.
Image title
30 September 2021, 12:46
Bahlil, investasi, Eropa
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjadi pembicara saat diskusi tentang investasi daerah yang digelar Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kalbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (27/5/2021). Kegiatan tersebut menyoroti strategi investasi untuk pembangunan daerah guna menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut Indonesia semakin menarik bagi investor Eropa. Hal itu terbukti dengan kenaikan investasi negara-negara Eropa sepanjang tahun ini.

Bahlil merujuk pada data realisasi BKPM baik pada kuartal I ataupun II tahun ini. Pada kuartal I, Swiss masuk dalam lima besar investor di Indonesia sementara Belanda merupakan investor ketiga terbesar pada kuartal II tahun 2021 setelah Singapura dan Hongkong.

"Tidak pernah ada sejarahnya Swiss masuk lima besar. Eropa sekarang mulai menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi alternatif yang masuk dalam skala prioritas," tutur Bahlil, dalam sebuah webinar, Rabu (28/9).

Berdasarkan data BKPM, ada lima negara yang masuk dalam 20 besar investor terbesar di Indonesia pada semester I tahun 2021. Mereka adalah Belada, Swiss, Jerman, Prancis, dan Inggris. Total investasinya mencapai US$2,60 miliar.

Pada semester I tahun 2019, juga terdapat lima negara Eropa yang masuk ke 20 besar investor terbesar di Indonesia. Namun, jumlah investasi mereka hanya US$1,06 miliar.

Belanda merupakan negara dengan lompatan investasi terbesar di Indonesia yakni dari US$738,5 juta pada semester I tahun 2019 menjadi US$1,29 miliar pada semester I tahun 2021.

"Belanda menjadi hub Eropa ketika Inggris keluar dari Euro," tutur Bahlil menjelaskan kenaikan besar inevstasi Belanda di Indonesia.
Salah satu investor besar Belanda di Indonesia adalah  perusahaan susu FrieslandCampina.

Berikut daftar 10 negara Eropa dengan investasi terbesar di Indonesia pada Januari-Juni 2021:
1. Belanda
Nilai Investasi US$ 1,29 miliar
Jumlah proyek 934
2. Swiss
Nilai Investasi US$496,5 juta
Jumlah proyek 199
3. Jerman
Nilai Investasi US$107,5 juta
Jumlah proyek 345

 4. Prancis
Nilai Investasi US$ 89,5 juta
Jumlah proyek 422
5. Inggris
Nilai Investasi US$61,9 juta
Jumlah proyek 528
6. Luxemburg
Nilai Investasi US$32,1 juta
Jumlah proyek 113
7. Belgia
Nilai Investasi US$25,3 juta
Jumlah proyek 126
8. Austria
Nilai Investasi US$13,2 juta
Jumlah proyek 38
9. Norwegia
Nilai Investasi US$11,5 juta
Jumlah proyek 16
10. Denmark
Nilai Investasi US$9,4 juta
Jumlah proyek 55

Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas dan Duta Besar RI untuk Belgia Andri Hadi pertengahan September lalu meresmikan peluncuran Asosiasi Benelux-Indonesia atau Benelux-Indonesia Association (BIA).

Asosiasi bisnis ini dibentuk untuk memfasilitasi perdagangan antara perusahaan di Indonesia dan negara-negara Benelux (Belgia, Belanda dan Luksemburg), khususnya di bidang logistik, pajak, juga bidang keuangan dan investasi.

Pada 7 Oktober mendatang, Kementerian Luar Negeri juga akan mengadakan forum pertemuan eksportir dan investor dari Eropa Timur dan Tengah sebagai upaya untuk meningkatkan investasi dan perdagangan di Indonesia.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait