Perjanjian Dagang Dengan Uni Eropa Bisa Lipatgandakan PDB Indonesia

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 September 2021, 19:18
Uni Eropa, Eropa, perdagangan
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11/2019)

Perjanjian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) diperkirakan mampu meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 4,6 miliar sampai 5,2 miliar euro pada tahun 2032.  Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket dalam acara ‘Attracting Investment through Structural Reform’, Selasa (21/9).

“Negosiasi CEPA ini diperkirakan dapat meningkatkan PDB Indonesia sebesar 4,6 miliar - 5,2 miliar euro pada tahun 2032 nanti. Oleh karena itu, kami menantikan pemulihan pasca pandemi dan saya harap ini semua berjalan dengan baik,” kata Vincent.

Selain itu, perjanjian I-EU CEPA ini merupakan sarana pemulihan ekonomi baik untuk Indonesia maupun Uni Eropa. Perjanjian ini juga memberikan potensi yang besar bagi pendapatan dan penciptaan lapangan kerja di kedua negara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), PDB Indonesia patas dasar harga berlaku pada tahun 2020 mencapai Rp 15.434,2 triliun atau 0,92 miliar euro.

 Saat ini, perjanian I-EU CEPA sudah menyelesaikan putaran perundingan yang ke-10, Vincent mengatakan bahwa perkembangan dari 10 putaran perundingan tersebut cukup baik dan stabil. Adapun, putaran ke-11 akan dilaksanakan pada musim gugur mendatang.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini investor-investor Eropa menilai peluang investasi di Indonesia sangat menjanjikan dan sejumlah perusahaan Eropa berencana akan beroperasi di Indonesia untuk waktu yang lama.

“Delegasi Eropa akan terus memberikan dukungan dan berupaya untuk mengembangkan iklim investasi yang mendukung,” katanya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...