Bandung Ekspor 2 Juta Ekor Ikan Hias ke 33 Negara, Termasuk ke Amerika

Image title
Oleh Maesaroh
6 Oktober 2021, 13:55
Ikan hias, ekspor, Bandung
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Ikan hias dari Bandung yang diekspor ke 33 negara

Kota Bandung, Jawa Barat, semakin mengukuhkan diri sebagai pengekspor ikan hias tertinggi di Indonesia. Kota Kembang bahkan sanggup mengekspor dua juta ekor ikan hias ke 33 negara pada bulan September.

"Ekspor ikan hias dari Bandung telah menjangkau 33 negara di dunia, tentu ini prestasi yang patut kita jaga dan tingkatkan," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina  dalam siaran pers, Rabu (6/10).

Selama periode 1-24 September, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKIPM di Bandung juga telah menerbitkan 95 health certificate atau sertifikat kesehatan ikan. Nilai ekspor yang dihasilkan dari komoditas ikan hias tersebut mencapai Rp 9,2 miliar.

"Ikan-ikan yang diekspor berasal dari unit usaha uang telah tersertifikasi IKI dan CKIB grade A dan B. Jadi bisa dipastikan bahwa ikan-ikannya memang kualitas bagus," katanya

Dari ekspor tersebut, terdapat 118 jenis hias yang menembus pasar global. Kendati demikian, posisi 3 besar ikan hias favorit pasar ekspor ialah tetra, rasbora, dan udang hias.

Sementara itu, dari ke-33 negara tujuan ekspor, Jepang, Amerika Serikat dan Singapura merupakan pasar terbesar.

Potensi besar kota Bandung ini tentu saja harus dijaga. Untuk menjaga tren positif ini, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan para pelaku usaha.

Pencapaian kota Bandung juga diharapkan bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat sekaligus membuka peluang usaha baru di tengah pandemi Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...