Berkah PON, Ekonomi Papua akan Melesat 14% Tahun ini

Image title
Oleh Maesaroh
10 Oktober 2021, 09:48
PON, PON Papua, Papua
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU
Pedagang merapikan noken yang dijual komunitas Mama-mama Noken Papua di Taman Imbi, Kota Jayapura, Papua, Minggu (3/10/2021). Noken merupakan oleh-oleh khas Papua. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU

Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX diperkirakan akan mendongrak pertumbuhan ekonomi Papua sebesar 0,7-1,1%. Pertumbuhan ekonomi Papua, secara keseluruhan, pun diharapkan bisa melesat hingga 14% pada 2021.

Sebagai informasi, produk domestik bruto (PDB) Papua tumbuh sebesar 13,14% (year on year) pada kuartal II tahun ini.

Advertisement

"Dampaknya memang akan signifikan sekitar 0,7-1,1%. Itu tambahannya ya ke pertumbuhan sehingga kita bisa berharap di akhir tahun ada di atas 14%," tutur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga, kepada Katadata, Sabtu (9/10).

Dia menjelaskan nominal kontribusi 0,7-1,1% terhadap PDB selama pagelaran PON diperkirakan mencapai Rp 1,2-1,5 triliun. 
"Ada 26 ribu atlet, ofisial, dan pantia pelaksana jadi otomatis akan berpengaruh ke ekonomi," katanya.

Tambahan sebesar 0,7-1,1% ke pertumbuhan ekonomi hanyalah kontribusi pada saat pelaksanaan PON yang berlangsung pada 2-15 Oktober tahun ini.

Jauh sebelum pesta PON digelar, event olahraga terbesar tanah air tersebut sudah memberikan suntikan pertumbuhan ekonomi Papua dari berbagai sektor.

 "Utamanya dari konstruksi karena kan ada pembangunan venue dan lain-lain. Itu kan sejak 2016 dan nilainya hampir Rp 5,2 triliun untuk pembangunan venue," tambah Naek Tigor.

Jika sektor konstruksi berkontribusi besar sebelum penyelenggaraan PON maka transportasi, akomodasi makanan dan minuman, pariwisata, serta perdagangan menjadi sektor yang paling diuntungkan selama PON XX.

Dengan ada puluhan ribuan atlet dan ofisial maka kebutuhan akan transportasi seperti mobil, bus, ataupun kendaraan lain meningkat pesat selama PON.

PON Papua
Antusiasme warga Papua menyaksikan pertandingan  pertandingan tim sepak bola putri Papua melawan tim sepak bola putri Babel pada semifinal Sepak Bola Putri PON Papuadi Stadion Katalpal, Kabupaten Merauke, Papua (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU)



"Sebagian besar atlet dan ofisial kan datang ke Papua dengan angkutan udara sehingga pertumbuhan sektor transportasi besar. Hotel-hotel kan penuh semua jadi sektor akomodasi ini naik pesat,"tambah Naek Tigor.

Sektor UMKM juga akan mendapat berkah dari pagelaran PON. Sektor UMKM menjadi sangat hidup selama PON karena permintaan terhadap makanan, oleh-oleh, cenderamata, serta minuman meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement